Selasa, 25 Juli 2017

Program Planet21 Accor Hotels Jatim

Manfaatkan Biopori Sebagai Pengurai Sampah

Rabu, 26 April 2017 23:08:40 WIB
Reporter : Fahrizal Tito
Manfaatkan Biopori Sebagai Pengurai Sampah

Surabaya (beritajatim.com) - Sekitar 200 orang yang tediri dari siswa sekolah kader lingkungan hidup, anggota Pramuka dan juga perwakilan hotel melakukan aksi ngebor lubang resapan biopori bertajuk “Stop Food Waste” di halaman Masjid Nasional Al Akbar Surabaya, Rabu (26/4/2017).

Selain difungsikan untuk resapan air, aksi dalam rangka program Planet21 itu juga sebagai sarana pengolahan alami sampah organik yang dihasilkan oleh hotel-hotel yang berada di Surabaya dan sekitarnya.

Sigit Budiarso, koordinator aksi program planet21 menjelaskan kegiatan ini pihaknya juga menggandeng Tunas Hijau untuk melakukan aksi nyata sebagai upaya peduli terhadap pengolahan sampah sisa makanan yang banyak dihasilkan dan terbuang percuma menumpuk di tempat pembuangan akhir.

"Sisa makanan itu tidak lagi dibiarkan, tetapi diolah untuk meningkatkan kualitas tanah dan lingkungan hidup sekitar. Caranya, dengan dimasukkan ke dalam lubang biopori dengan diameter sekitar 12 cm dan kedalaman sekitar 100 cm," kata Sigit.

Pria yang juga menjabat General Manager Hotel Novotel Surabaya-Ngagel ini menuturkan, lubang resapan biopori ini merupakan upaya nyata meningkatkan kualitas lingkungan hidup sekitar. Sampah organik yang diisikan ke dalam lubang akan menjadi asupan gizi bagi cacing dan biota tanah yang lainnya, sekaligus penambah unsur hara tanah.

"Lubang resapan yang dibuat akan menjadi jalan masuk bagi air hujan agar semakin banyak terserap ke dalam tanah. Lubang resapan biopori juga merupakan salah satu cara jitu mengolah sampah organik menjadi kompos. Setiap 10 lubang resapan biopori bahkan langsung bisa mengolah sedikitnya 1 meter kubik sampah organik tanpa menimbulkan masalah lingkungan hidup yang lainnya," tuturnya.

Selain itu, setiap 10 lubang resapan biopori yang dibuat bahkan bisa meresapkan sedikitnya 1000 liter air hujan ke dalam tanah setiap kali hujan lebat terjadi. Sehingga, kandungan air tanah bisa ditingkatkan dan intrusi atau masuknya air laut ke dalam tanah bisa dicegah.

"Aksi ngebor lubang resapan biopori ini juga akan lebih istimewa dari yang lainnya. Pasalnya, pada aksi ini akan disediakan hadiah undian berupa voucher menginap dan voucher makan gratis dari hotel-hotel yang tergabung dalam grup Accor Hotels Jawa Timur," tandansya.

Diketahui, ada 9 hotel di Surabaya-Malang yang tergabung dalam grup Accor Hotels Jawa Timur. Diantaranya, Hotel Majapahit, Novotel Ngagel, Novotel Rungkut, Hotel Mercure Grand Mirama, Ibis Basuki Rahmat, Ibis Juanda, Ibis Malang dan Ibis Jemursari. [ito/suf]

Komentar

?>