Kamis, 17 Agustus 2017

Menpora Ajak Mahasiswa Lestarikan Tiga Prinsip Khas Madura

Minggu, 23 April 2017 03:51:35 WIB
Reporter : Samsul Arifin
Menpora Ajak Mahasiswa Lestarikan Tiga Prinsip Khas Madura

Pamekasan (beritajatim.com) - Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI) Imam Nahrawi mengajak mahasiswa agar selalu menjaga dan berpegang teguh terhadap tiga prinsip orang Madura.

Hal itu disampaikan saat memberikan kuliah umum pada kegiatan Festival Potensi Mahasiswa (Festa) 2017 yang digelar Dewan Mahasiswa (DEMA) STAIN Pamekasan di Auditorium Kampus, Sabtu (22/4/2017).

"Madura sangat kaya dengan budaya, 'Abhental Ombhek Asapok Angin (berbantal ombak berselimut angin)' itu sarat dengan dengan makna filosofis dan sangat mengikat. Artinya di manapun kita berada dan apapun tantangannya, orang Madura akan tetap berlayar," kata Imam Nahrawi.

Bahkan dirinya mengklaim jika orang Madura tersebar di berbagai belahan wilayah, tidak terkecuali hingga lintas benua. "Di belahan bumi manapun selalu saja ada orang Madura, baik berada (kaya) atau tidak mereka akan tetap berangkat. Jadi sekalipun tidak punya uang tetap berangkat kuliah," ungkapnya.

Selain itu, Imam Nahrawi juga menyampaikan prinsip 'abhental syahadat asapok iman (berbantal syahadah berselimut iman)'. "Prinsip ini merupakan kesaksian kita kepada Tuhan dengan mengikuti ajaran, iman menjadi selimut kita. Artinya di manapun orang Madura berada, mereka cenderung mengedepankan aspek keimanan dalam aspek keagamaan," jelasnya.

Tidak hanya itu, alumnus IAIN (sekarang UIN) Sunan Ampel Surabaya juga menyampaikan prinsip terakhir berupa oreng jujur bhekal pojur (orang jujur bakal untung). "Sebenarnya doktrin ini dilakukan secara turun temurun, baik oleh guru maupun orang tua di Madura," bebernya.

"Kejujuran itu merupakan pondasi penting. Sebab bagi orang Madura selain ilmu, akhlak juga harus tertata dengan baik. Jadi prinsip-prinsip inilah yang harus selalu kita jaga," pinta Menteri asal Bangkalan Madura itu.

Dalam kegiatan tersebut, tampak hadir sejumlah pimpinan kampus yang beralamat di Jl Raya Panglegur KM 4 Tlanakan. Di antaranya Ketua STAIN Pamekasan Muhammad Kosim beserta jajaran pimpinan hingga sejumlah civitas akademik dan mahasiswa.

Tampak juga hadir dalam kesempatan tersebut Ketua Fraksi Partai Persatuan Pembangunan (PKB) DPRD Provinsi Jawa Timur Badrud Tamam, yang notabene satu partai dengan Menpora Imam Nahrawi. [pin/but]

Komentar

?>