Jum'at, 28 April 2017

Empat Tokoh Indonesia Terpampang di Remi Edisi Khusus Kartini

Kamis, 20 April 2017 20:58:11 WIB
Reporter : Fahrizal Tito
Empat Tokoh Indonesia Terpampang di Remi Edisi Khusus Kartini

Surabaya (beritajatim.com) - Ada empat sosok perempuan asal Indonesia terpampang di kartu remi edisi Khususu Kartini. Mereka adalah Menteri Keuangan (Menkeu) RI Sri Mulyani Indrawati, Pembawa Acara Najwa Shihab, Peraih Olimpiade Rio 2016 Lilyana Natsir, dan Dian sastro Wardoyo.

Perempuan tersebut sengaja di desain pada empat kartu "Queen" oleh Mahasiswi Universitas Surabaya (Ubaya), Ambar Cahya Pertiwi untuk meramaikan hari kartini yang diperingati setiap 21 April.

"Saya sengaja mendesain kartu remi Queen dengan nuansa perempuan itu khusus untuk memperingati Hari Kartini. Dan empat tokoh tersebut menurut saya adalah Kartini pada masa kini," tutur Ambar saat ditemui di kampus setempat, Kamis (20/4/2017).

Mahasiswa Program Kekhususan Multimedia Fakultas Teknik Ubaya itu, mengatakan kartu remi yang dinamainya "Q-card" merupakan seorang perempuan yang  mereka yang mencintai satu bidang dan menjalankannya dengan sepenuh hati.

"Pada saat ini, kedudukan wanita sudah setara dengan pria, wanita sudah bisa melakukan pekerjaan apapun. Menurut saya, wanita yang mencintai satu bidang dan menjalankannya dengan sepenuh hati patut disebut sebagai Kartini masa kini," jelasnya.

Mahasiswi semester VI itu, menjelaskan. Sebelum mendesain kartu dirinya terlebih dahulu melakukan riset seperti mencocokan karakter kartu (diamond, spade, club, dan heart) dengan karakter tokoh.

"Pertama saya mengartikan satu persatu kartu remi, mencocokkan karakter tokoh berdasarkan karakteristik dari simbol kartu," paparnya.

Untuk kartu Spade yang identik dengan kekuatan, ia mendesainkan atlet bulu tangkis Liliyana Natsir dipilih menjadi sang pemberani karena dianggap menjadi wanita Indonesia yang kuat dan pantang menyerah.

"Diamond identik dengan harta dan kepemimpinan, maka Menteri Keuangan Sri Mulyani saya menjadi simbol Sang Pemimpin," kata dia.

Sementara Club identik dengan kecerdasan, Najwa Shihab yang merupakan presenter berita dan Duta Baca Indonesia dipilih menjadi simbol "sang peneliti" karena kecerdasannya.

"Heart identik dengan pengabdian dan cinta akan sesama, Dian Sastro yang merupakan seorang public figur dipilih menjadi simbol ‘sang pengabdi’ karena rekam jejaknya dalam pengabdian masyarakat dan jiwa sosialnya yang tinggi," tandasnya. (ito/ted)

Tag : ubaya

Komentar

?>