Jum'at, 23 Juni 2017

Tahun Ini, IAIN Jember Jadi Universitas Islam Negeri

Kamis, 20 April 2017 19:49:48 WIB
Reporter : Oryza A. Wirawan
Tahun Ini, IAIN Jember Jadi Universitas Islam Negeri

Jember (beritajatim.com) - Institut Agama Islam Negeri Jember akan berganti status menjadi universitas tahun ini. Rektor IAIN Jember Babun Suharto mengatakan, persetujuan dari Kementerian Agama sudah terbit pada 10 April 2017 lalu.

"Insya Allah, minggu depan rekomendasi dari Menteri Agama kepada Menteri Pemberdayaan Aparatur Negara sudah turun," kata Babun.

Menurut Babun, IAIN Jember menduduki peringkat pertama pemenuhan persyaratan peralihan status tersebut. "Nanti kami akan menambah sumber daya manusia, seperti guru besar dan doktor. Sementara ini kami punya lima guru besar dan 55 doktor. Insya Allah pada Mei, kami akan melakukan akselerasi pos-doktoral, percepatan untuk mereka yang sudah bergelar doktor menjadi guru besar. Kami bekerjasama dengan Universitas Islam Negeri Kalijaga," katanya.

Para doktor tersebut akan digembleng selama tiga bulan. "Selama tiga bulan mereka harus menghasilkan karya tulis berupa jurnal yang layak diterbitkan di jurnal internasional," kata Babun.

Dengan perubahan status perguruan tinggi ini, Babun bermaksud mengusulkan penambahan kuota jumlah calon mahasiswa dari 2.500 menjadi tiga ribu orang. [wir/ted]

Tag : iain jember

Komentar

?>