Jum'at, 28 April 2017

Terbanyak Kota Malang dan Surabaya

9000 Pelajar di Jatim Ikuti UNBK Susulan

Rabu, 19 April 2017 00:02:25 WIB
Reporter : Fahrizal Tito
9000 Pelajar di Jatim Ikuti UNBK Susulan

Surabaya (beritajatim.com) - Terkendala teknis pada saat pelaksanaan UNBK mata pelajaran kejuruan beberapa hari lalu, setidaknya ada sekitar 9000 siswa SMK di Jawa Timur harus mengikuti UNBK susulan.

Seperti yang telah diketahui bahwa dalam pelaksanaan UNBK mata pelajaran kejuruan banyak butir soal yang tidak muncul. Bahkan di SMK PAL setidaknya ada 77 siswa dari dua program keahlian yang terpaksa melakukan UNBK susulan karena hal tersebut.

Kepala Dinas Pendidikan (Dindik) Jatim Saiful Rachman mengatakan, kendala yang terjadi pada UNBK tahun ini menjadi perhatian khusus. Sebab, Jatim menyelenggaran UNBK 100 persen. "Banyaknya peserta UNBK susulan untuk pelajaran teori kejuruan memang terjadi di seluruh daerah di Jatim," kata Saiful, Selasa (18/4/2017).

Ia menyebutkan, daerah yang terbanyak harus mengikuti UNBK susulan adalah Kota Malang dan Kota Surabaya. Disebutkan untuk siswa yang mengikuti UNBK susulan di Kota Malang ada sebanyak 935 siswa pada mata pelajaran teori kejuruan. Kemudian di Kabupaten Malang ada 540 siswa dan di Kabupaten Jember ada 510 siswa.

Dia menegaskan, UNBK susulan merupakan hasil evaluasi pada pelaksanaan UNBK lalu. Kebanyakan butir soal yang tidak muncul adalah soal yang bergambar. Sehingga kedepannya akan berusaha untuk mengurangi soal-soal bergambar. Dengan begitu, tidak terjadi kesulitan saat mengunggah soal.

Untuk itu, dia mengajak siswa yang belum ikut UNBK utama supaya ikut ujian susulan. Baik untuk siswa SMA maupun SMK. Dia menegaskan, jika tidak ikut, maka siswa yang bersangkutan tidak mendapat nilai yang lengkap. Pada UNBK susulan ini juga diikuti siswa ujian nasional perbaikan (UNP), yaitu siswa mengulang atau memperbaiki nilai ujian nasional tahun sebelumnya.

Untuk tenis sistem UNBK susulan, Saiful mengatakan tidak berbeda dengan UNBK utama. Karena itu dia berharap pada UNBK susulan ini soal-soal lebih disederhanakan, sehingga tidak sampai mengalami trouble, khususnya pada soal yang membutuhkan audio video. "Kami meminta maaf pada siswa karena ujiannya menjadi terulang hari ini," katanya.

Sementara itu, Kepala Cabang Dindik Jatim wilayah Surabaya Sukaryanto mengatakan setidaknya ada 799 siswa SMK yang mengikuti UNBK susulan. Kebanyakan mereka ini yang mengalami masalah ketika ujian teori kejujuran. "Ujian susulan ini didominasi siswa SMK, khususnya pada pelajaran teori kejuruan," katanya.

Selain karena akibat kendala pada ujian teori kejujuran, Sukaryanto juga menyebutkan beberapa siswa yang mengulang pada mata pelajaran lain. "Diantaranya pada mata pelajaran Bahasa Indonesia terdapat 52 siswa, matematika dan bahasa Inggris 48 siswa. Sedangkan untuk siswa SMA diketahui ada 44 siswa yang harus ikut susulan," tandasnya. [ito/suf]

Tag : unbk surabaya

Komentar

?>