Selasa, 24 Oktober 2017

10 Siswa SMA di Banyuwangi Harus Ujian Susulan

Kamis, 13 April 2017 20:15:54 WIB
Reporter : Rindi Suwito
10 Siswa SMA di Banyuwangi Harus Ujian Susulan

Banyuwangi (beritajatim.com) - Hingga hari terakhir ujian nasional, tercatat 10 siswa SMA di Banyuwangi dipastikan tidak bisa mengikuti ujian. Alasan mereka rata-rata dikarenakan sakit.

“Bagi siswa yang sakit ini diberi kesempatan melakukan  ujian susulan pada tanggal 18 April 2017 di sekolah masing-masing," Kepala Dinas Pendidikan (Dispendik) Provinsi Jawa Timur Wilayah Kabupaten Banyuwangi, Istu Handono, Kamis (13/4/2017).

UNBK di Banyuwangi, kata Istu, diikuti sebanyak 9.077 siswa SMA/MA Negeri maupun Swasta. Rinciannya, SMAN dari 17 sekolah terdapat 4.377 siswa, SMA swasta sebanyak 1.916 siswa yang tergabung dari 34 sekolah. 

"Sedangkan MA Negeri ada 1.346 siswa dari 4 sekolah dan MA swasta ada 1.438 siswa dari 44 sekolah," terangnya.

Istu mengharapkan, nilai Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) di Banyuwangi bisa mencapai 7,00. Karena dengan nilai itu siswa bisa dengan leluasa memilih sekolah yang terbaik untuk selanjutannya.

"Nilai UNBK merupakan salah satu penentu syarat kelulusan siswa. Meskipun bukan menjadi penentu utama. Sementara untuk nilai kelulusan tahun ini di patok 5,50," imbuhnya.

Sementara itu di kesempatan yang sama, Wakil Bupati Banyuwangi, Yusuf Widyatmoko juga datang ke beberapa sekolah yang melaksanakan UNBK. Pihaknya memastikan kelancaran masa uji terakhir para siswa di Banyuwangi tersebut. Meski datang, namun Wabup tidak masuk ke dalam kelas, hanya memantau UNBK melakui CCTV.

“Kedatangan kami ini hanya untuk memastikan pelaksanaan UNBK di hari terakhir ini berjalan lancar. Kami tidak perlu melihat ke dalam kelas cukup dari CCTV saja, Danalhamdulilah dari pantauan kami, hari ini tidak ada siswa yang absen dengan sengaja tidak ikut ujian. Meskipun hari pertama dan kedua ada beberapa siswa yang sakit,” kata Wabup, saat di SMAN I Giri,  Kamis (13/4/2017).  

Wabup juga turut memberi selamat bagi para siswa yang sedang sakit. Menurutnya, mereka tak boleh patah arang lantaran masih ada kesempatan ujian susulan.

"Bagi yang masih sakit, diharapkan tetap semangat mengikuti ujian susulan yang akan dilangsungkan di sekolah masing-masing tentunya,"Tutupnya. [rin/but]

Tag : unbk

Komentar

?>