Rabu, 26 Juli 2017

Target 2021: Fakultas Kedokteran Berdiri di Banyuwangi

Kamis, 06 April 2017 18:37:46 WIB
Reporter : Oryza A. Wirawan
Target 2021: Fakultas Kedokteran Berdiri di Banyuwangi

Jember (beritajatim.com) - Bupati Abdullah Azwar Anas menargetkan berdirinya Fakultas Kedokteran Umum di Kabupaten Banyuwangi pada 2021. Saat ini Banyuwangi, Universitas Airlangga Surabaya membuka empat fakultas.

"Kami menyiapkan lahan 30-50 hektare untuk pengembangan Fakultas Kedokteran Unair di Banyuwangi," kata Anas, saat memberikan kuliah umum dalam acara wisuda Universitas Terbuka, di Gedung Sutardjo, Kabupaten Jember, Kamis (6/4/2017).

Anas tidak membuat universitas negeri di Banyuwangi karena tak mudah. "Kalaupun sudah membuat universitas negeri, untuk upgrade levelnya bukan perkara mudah. Maka banyak kampus-kampus yang dibangun dari bawah, dia sudah besar, tapi tidak cepat terkenal," katanya.

Anas belajar, bahwa kampus-kampus besar di berbagai kota berasal dari perguruan tinggi cabang yang lebih dulu terkenal. Dulu dari Fakultas Teknik Universitas Indonesia di Bandung lahirlah Institut Teknologi Bandung.

"Dari Fakultas Kedokteran Unair di Denpasar lahirlah Universitas Udayana. Dari Fakultas Pertanian Unair di Malang, sekarang dikenal Universitas Brawijaya. Mudah-mudahan ini (fakultas Unair di Banyuwangi) menjadi cikal-bakal Universitas Negeri Banyuwangi pada masa mendatang," katanya.

Menurut Anas, tanpa menyiapkan sumber daya manusia, daerah tidak akan mampu bersaing. [wir/ted]

Tag : unair

Komentar

?>