Minggu, 22 Oktober 2017

Terjemahkan Al-Qur'an Bahasa Madura

STAIN Pamekasan Bentuk Tim Ahli

Rabu, 05 April 2017 20:58:05 WIB
Reporter : Samsul Arifin
STAIN Pamekasan Bentuk Tim Ahli

Pamekasan (beritajatim.com) - Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Pamekasan membentuk tim ahli untuk merealisasikan tarjemahan al-Qur'an berbaha Madura.

Hal itu dilakukan setelah mendapat kepercayaan dari Puslitbang Lektur dan Khazanah Keislaman Bidang Litbang dan Diklat Kementerian Agama Republik Indonesia, tepatnya usai melakukan Memorandum of Understanding (MoU) di Auditorium Multi Center STAIN Pamekasan, Rabu (29/3/2017) lalu.

"Setelah penandatangan MoU, kita langsung bergerak cepat dengan membentuk tim ahli untuk merealisasikan tugas ini. Koordinator tim dipimpin Pak Zahid (Dr H Moh Zahid)," kata Ketua STAIN Pamekasan Mohammad Kosim, Rabu (5/4/2017).

Sejumlah akademisi dari berbagai bidang konsentrasi keilmuan bekerjasama untuk menyelesaikan tugas berat dalam waktu setahun kedepan. "Sekitar tujuh orang tergabung dalam tim ini, semuanya akademisi yang terdiri dari berbagai bidang konsentrasi keilmuan berbeda," ungkapnya.

"Dalam tim ini juga terdapat anggota yang memang memiliki keahlian di bidang bahasa Madura, terlebih selama ini ia juga sering berkecimpung dalam melestarikan bahasa Madura," sambung pria yang akrab disapa Kosim itu.

Tidak hanya itu, proses penerjemahan juga dilakukan dengan merujuk berbagai literatur. "Jadi dalam proses penerjemahan al-Qur'an ke dalam bahasa Madura ini, kita juga menjadikan tarjemahan al-Qur'an (bahasa Indonesia) yang diterbitkan langsung oleh Kemenag RI sebagai rujukan," jelasnya.

"Bahkan kita juga harus menggunakan kamus Bahasa Madura, termasuk juga sejumlah kitab tafsir untuk mengetahui makna dan penjabaran tentang ayat-ayat tertentu. Termasuk juga dengan kaidah nahwu," imbuhnya.

Pihaknya berharap program tersebut bisa segera selesai sesuai dengan waktu yang sudah ditentukan. "Tentunya kami berharap program ini segera selesai seperti yang kita canangkan, yakni dalam waktu setahun kedepan," harapnya. [pin/ted]

Komentar

?>