Selasa, 24 Oktober 2017

Bayi Lahir Langsung Dapat Akte dan Masuk KK di Sini

Selasa, 04 April 2017 19:12:49 WIB
Reporter : M. Ismail
Bayi Lahir Langsung Dapat Akte dan Masuk KK di Sini

Sidoarjo (beritajatim.com) - Selain RSUD Sidoarjo, ada empat Puskesmas yang menerapkan Layanan Anak Lahir Membawa Akte dan KK (Alamak).‎ Empat Puskesmas itu, Puskesmas Sidoarjo, Wonoayu, Taman, dan Puskesmas Tarik.

Penerapan program pelayanan dari Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Sidoarjo tersebut di-launching di Puskesmas Wonoayu oleh Asisten Administrasi Umum Kissowo Sidi HP

Di Puskesmas Wonoayu itu Kissowo menyerahkan akte kelahiran serta KK kepada orang tua bayi yang baru melahirkan di Puskesmas tersebut. Kata Kissowo, Alamak ini program untuk mempermudah masyarakat dalam kepengurusan akte kelahiran dan Kartu Keluarga (KK).

"Setiap ibu yang baru melahirkan langsung mendapatkan akte kelahiran bayinya.‎ Disaat itu juga, orang tua bayi juga mendapatkan KK baru yang mencantumkan nama sang bayi. Pelayanan tersebut semuanya gratis tanpa pungutan biaya," katanya.

‎Dia menambahkan, program Alamak berawal dari ide RSUD Sidoarjo. Rumah sakit milik Pemerintah Sidoarjo tersebut menginginkan pasien yang baru melahirkan langsung mendapatkan akte kelahiran bagi bayinya sekaligus KK baru.

"Keinginan tersebut ditindak lanjuti oleh Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Sidoarjo dan dikembangkan ke Puskesmas yang ada di Kabupaten Sidoarjo," terangnya.

Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Sidoarjo Medi Yulianto ‎mengatakan bulan depan, pelayanan Alamak akan diterapkan di seluruh Puskesmas yang ada di Kabupaten Sidoarjo.

"Pelayanan ini untuk mempercepat pengurusan akte kelahiran serta KK masyarakat. Kalau biasanya dibutuhkan 14 hari kerja, dengan Alamak, orang tua bayi yang baru melahirkan di Puskesmas langsung menerima akte kelahiran disertai KK baru," papar Medi‎.

Sementara itu Guntur Sudirman salah orang tua ang mendapatkan pelayanan Alamak mengaku senang. Pasalnya ia tidak kerepotan lagi mengurus akte kelahiran bagi anaknya yang baru lahir.

"Saya senang sekali karena sudah tidak perlu lagi mengurus akte kelahiran putrinya ke kantor Dispendukcapil. Saya pulang, bayi pulang langsung jadi akte dan KK gratis," tandasnya kesenangan. (isa/kun)

Tag : lahir sidoarjo

Berita Terkait

    Komentar

    ?>