Jum'at, 26 Mei 2017

Sambut Fenomena Equinox

Pelajar Indonesia dan Thailand Hias Tong Sampah

Selasa, 21 Maret 2017 06:35:45 WIB
Reporter : Fahrizal Tito
Pelajar Indonesia dan Thailand Hias Tong Sampah

Surabaya (beritajatim.com) - Puluhan pelajar dari Thailand dan Indonesia, mengkampanyekan lingkungan bersih dan sehat dengan cara menghias serta melukis tong sampah bertema "go green".

Yang dilakukan siswa dari SMP Muhammadiyah 5 Surabaya dan sekolah Pluakdaengpittayakom School Rayong Thailand ini juga untuk menyambut fenomena Equinox yang akan terjadi di Indonesia pada 21 Maret dan 23 September 2017 mendatang. Yakni fenomena alam yang ditandai dengan panas suhu udara di Indonesia yang diperkirakan mencapai 40 derajat celcius.

Syafii, Humas SMP Muhammadiyah 5 Surabaya menjelaskan, sekurangnya 20 siswa terbagi dalam beberapa kelompok, masing-masing kelompok didalamnya terdapat 1 atau 2 pelajar asal Thailand untuk mengecat tong sampah baru yang terbuat dari karet ban bekas.

"Kami mengajak siswa untuk mengerti bagaimana fenomena alam Equinox itu terjadi, serta dampaknya. Oleh karena itu kewajiban menjaga lingkungan tetap hijau, go green, menjadi penting. Para pelajar dua negara ini mengingatkan pentingnya lingkungan hijau," jelas Syafii  di sela-sela aksi, Senin (20/3/2017).

Pada masing-masing tong sampah selain diberi sentuhan gambar sesuai keinginan masing-masing kelompok, dan disesuaikan dengan tema yaitu go green, juga disertai dengan pesan-pesan khusus dalam dua bahasa. Bahasa Indonesia dan bahasa Thailand.

Sementara itu, salah satu pelajar Pluakdaengpittayakom School Rayong Thailand, Chem mengaku senang bisa bertemu peajar dari SMP Muhammadiyah 5 Surabaya dan berkesempatan ikut mengkampanyekan lingkungan hijau.

"Senang bertemu sesama pelajar dari Indonesia. Senang juga bisa ikut mengkampanyekan lingkungan hijau, go green. Ini pengalaman pertama ke Indonesia. Semoga yang kita kerjakan bisa bermanfaat buat orang lain," ujar Chem. [ito/suf]

Komentar

?>