Selasa, 25 Juli 2017

STIE Perbanas dan Pemkab Siak Siapkan SDM Pengelola Dana Desa

Sabtu, 11 Maret 2017 19:35:06 WIB
Reporter : Fahrizal Tito
STIE Perbanas dan Pemkab Siak Siapkan SDM Pengelola Dana Desa

Surabaya (beritajatim.com) - Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Perbanas Surabaya menjalin kerjasama dengan pemerintahan Kabupaten Siak, Riau untuk mempersiapkan SDM perangkat desa yang terampil mengelola dana desa secara transparan.

Kerjasama ini dijalin untuk meneruskan prestasi Penghargaan Upakarya Wanua Nugraha dari Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia untuk kepala daerah yang berhasil membina desa, yang telah diraih oleh Pemerintah Kabupaten Siak.

Ketua STIE Perbanas Surabaya,  Dr. Lutfi, SE., M.Fin mengatakan, program pemerintah tentang dana desa saat ini sudah bergulir, sehingga kebutuhan pengelolaan keuangan yang cermat dan tepat sangat dibutuhkan.

"Berkaitan dengan pengucuran dana desa yang sudah cukup bagus pada saat ini. untuk menghindari salah salah kelola yang dapat memunculkan kasus hukum Profesi lulusan Akuntansi yang berperan di ranah publik sangat dibutuhkan," kata Dr. Lutfi, SE., M.Fin saat seminar nasional bertema "Account Profession: Response To Dynamic Globalization Changes", Sabtu (11/3/2017).

Selain itu, untuk memberikan pengetahuan kepada mahasiswa terkait Alokasi Dana Desa (ADD) pihaknya berharap kepada mahasiswanya bisa menjadi ekonom atau akuntan yang bisa mengelola keuangan daerah yang baik.

”Jadinya, lulusan akuntansi bisa mengimplementasikan ilmunya untuk program pemerintah tersebut. Nantinya, kesulitan dalam pembuatan analisis laporan keuangan desa akan terbantu dengan adanya ilmu akuntansi yang diterapkan,” tambahnya.

Sementara itu, Bupati Siak, Riau, Drs. H. Syamsuar, M.Si. mengatakan pihaknya saat ini tengah mempersiapkan Sumber Daya Manusia perangkat desa untuk mengelola keuangan program dana desa.

"Kami tertarik untuk melakukan kerja sama terkait program Beasiswa Putra Daerah. Kemungkinan kami mengirimkan calon mahasiswa untuk belajar di STIE Perbanas Surabaya,” ungkapnya. [ito/but]

Komentar

?>