Selasa, 25 April 2017

Universitas Jember akan Bangun Klaster Ekonomi Kreatif Warga Hutan

Jum'at, 10 Maret 2017 17:12:22 WIB
Reporter : Oryza A. Wirawan
Universitas Jember akan Bangun Klaster Ekonomi Kreatif Warga Hutan

Jember (beritajatim.com) - Tim Program Mitigasi Berbasis Lahan Universitas Jember juga merencanakan memberdayakan masyarakat sekitar kawasan hutan Taman Nasional Meru Betiri (TNMB).

Program pemberdayaan ini adalah dengan membangun kluster ekonomi kreatif seperti peternakan lebah madu, kambing ettawa, serta semut rangrang sebagai pakan burung berkicau. Jadi program tak hanya berhenti pada penanaman pohon ekonomi non kayu.

Hal ini dijelaskan Hari Sulistyowati, salah satu anggota tim, sebagaimana dilansir Humas Universitas Jember. Menurutnya, tim menyiapkan pelatihan budidaya dan pengelolaan jamur, tanaman obat, keripik dan sale pisang, serta kerajinan tangan. "Program pemberdayaan masyarakat sekitar TNMB ini disiapkan, agar masyarakat dapat turut menikmati manfaat hutan tanpa harus merusak," kata Hari.

Rencananya Program Mitigasi Berbasis Lahan akan dilaksanakan oleh tim Universitas Jember selama 17 bulan. Program ini tak hanya dimotori para dosen peneliti dari berbagai lintas disiplin ilmu, namun juga melibatkan 30 orang mahasiswa yang akan melakukan riset dalam berbagai aspek, dan lima mahasiswa yang mengikuti program magang di TNMB.         

Program ini dilakukan di resor Wonoasri, karena kerapatan tanaman di sana hanya berkisar 234 batang per hektare. Padahal idealnya kerapatan haruslah berkisar 400 sampai 700 batang pohon per hektar. Tim akan menanam tanaman ekonomi non kayu seperti kemiri, kedawung, alpukat dan lainnya.

"Tujuannya agar buahnya dapat dimanfaatkan oleh masyarakat sekitar, tanpa harus menebang pohonnya," kata Hari. [wir/ted]

Komentar

?>