Selasa, 30 Mei 2017

Lahan Pertanian Susut, Ubaya Buka Program Kekhususan

Kamis, 09 Maret 2017 06:36:47 WIB
Reporter : Fahrizal Tito
Lahan Pertanian Susut, Ubaya Buka Program Kekhususan

Surabaya (beritajatim.com) - Universitas Surabaya (Ubaya) membuka Program Kekhususan di bawah Fakultas Teknobiologi, yakni program Bionutrisi dan Inovasi Pangan (Strata-1) serta Magister Bioteknologi (Strata-2). Program tersebut pada tahun ini dan 2018 akan menerima mahasiswa baru.

Salah satu alasan pembukaan dua prodi baru di Fakultas Teknobiologi, dijelaskan Rektor Ubaya Prof Joniarto Parung. Hal itu untuk menyikapi susutnya lahan pertanian di daerah karena banyak digunakan untuk hunian, efek dari meningkatnya angka kelahiran.

"Pertumbuhan penduduk di dunia luar biasa. Perhitungan PBB, kurang sembilan tahun lagi penduduk dunia 9,7 miliar jiwa. Lahan pertanian kurang. Diperlukan inovasi bidang pangan, terlebih nutrisi," kata Prof Joniarto saat ditemui di kampus Ubaya Tenggilis Jalan Kalirungkut, Rabu (8/3/2017).

Dekan Fakultas Teknobiologi Ubaya, Maria Goretti M Purwanto menambahkan, program kekhususan itu juga untuk menjawab tantangan ketersediaan pangan, seperti pangan yang mengandung albumin untuk konsumsi pasca operasi, beras analog untuk penderita diabetus mellitus dan kanker, serta pengembangan produk pangan bagi alergi lactosa.

"Kami ingin berperan dalam inovasi produk pangan. Fokus ke ketersediaan nutrisi. Ketersediaan pangan sesuai fungsional atau suplemen," kata Maria.

Masih kata Maria, penerimaan mahasiswa baru itu akan dibuka pada 2018. Karena pada tahun ini digunakan untuk menyiapkan unsur pendukung. "Saat ini ketersediaan dosen sudah mencukupi. Keberadaan guru besar juga ada. Ada dosen kami yang menempuh pendidikan doktor dan sebentar lagi selesai," papar Maria. [ito/suf]

Tag : universitas

Komentar

?>