Senin, 26 Juni 2017

Siswa SMAMDA II Sidoarjo Ciptakan Kaki Palsu Robot

Kamis, 02 Maret 2017 21:17:16 WIB
Reporter : M. Ismail
Siswa SMAMDA II Sidoarjo Ciptakan Kaki Palsu Robot

Sidoarjo (beritajatim.com) - Merasa tergugah dengan kondisi keluarga yang menyandang disabilitas, M Almas Bukhoruli siswa kelas X dan Widia Widati siswi kelas lX Sekolah Menengah Atas Muhammadiyah (SMAMDA) II Sidoarjo, menciptakan kaki palsu robotik atau Robotik Prosthetic Limb.

Keunggulan dari kaki robottik ini bisa ditekuk dengan data analog yang mampu mengirim sinyal ke paha penyandang disabilitas. "Inspirasi kami ciptakan kaki palsu ini keluarga bapak ada yang penyandang difabel," kata M. Almas Bukhoruli, Kamis (2/3/2017).

Almas menyebutkan, dalam pembuatan kaki palsu robotik ini, dia mengeluarkan biaya sekitar Rp 3 juta hingga Rp 4 juta. Untuk produksi, hanya membutuhkan waktu tiga minggu. "Satu minggu untuk merakit elektroniknya, dan dua minggu untuk komponen kaki palsunya yang berbahan fibber," paparnya.

Lebih jauh Almas menjelaskan, untuk menjalankan kaki palsu robotik ini cukup mengunakan dengan bateri, dan bisa bertahan sampai enam jam. "Kami menciptakan ini untuk masyarakat yang ekonominya menengah ke bawah," imbuh Almas

Sementara itu Kepala sekolah SMAMDA II Sidoarjo Wigatingsih menyatakan, sekolahnya terus mendukung siswa siswi yang berprestasi. Dari kelas berapapun, karya anak didik akan selalu didukung oleh pihak sekolah.

"Dan syukur karya kaki palsu yang diciptakan Almas dan Widia, meraih juara III tingkat Nasional, dan disiapkan mengikuti kejuaraan robotik di Thailand," kata Wigatiningsih. [isa/but]

Tag : siswa

Komentar

?>