Sabtu, 16 Desember 2017

Wabup Jember akan Prakarsai Kelompok Cyber-Pesantren

Minggu, 19 Februari 2017 20:35:46 WIB
Reporter : Oryza A. Wirawan

Jember (beritajatim.com) - Wakil Bupati Jember Abdul Muqit Arif akan memprakarsai gerakan bersama sejumlah pondok pesantren untuk membentuk semacam komunitas yang khusus bergerak di internet untuk berdakwah (cyber-pesantren).

"Saya tadi sempat berkomunikasi dengan beberapa alumni pondok pesantren, sehingga ini akan jadi gerakan bersama," kata Muqit, usai acara seminar nasional yang digelar Ikatan Alumni Pondok Pesantren Annuqoyah, di aula Kantor Bank Indonesia Jember, Minggu (19/2/2017).

Muqit merespons ide Wakil Gubernur Jawa Timur Saifullah Yusuf yang memandang perlunya para santri mengikuti pelatihan jurnalisme warga atau jurnalisme media sosial. "Kita ingin pesantren memberikan warna di dunia medsos. Jangan sampai yang berkembang di sana justru hoax (berita bohong) tentang ahlussunnah wal jamaah (aswaja)," kata Gus Ipul, sapaan akrabnya.

Menurut Muqit, sudah ada santri yang bisa memanfaatkan tekonologi informasi. "Tapi itu masih sebagian kecil. Maka apa yang ditawarkan Gus Ipul untuk melaksanakan pelatihan pemanfaatan teknologi informasi untuk kepentingan dakwah, menjadi sesuatu yang sangat menarik dan kami akan tindak lanjuti," katanya.

Dalam pidato di hadapan para hadirin, Gus Ipul mengatakan, pelatihan ini akan memberikan kemampuan kepada para santri untuk menulis sesuatu yang pendek, singkat, namun mudah dipahami pembaca di media sosial. "Rata-rata lama baca orang Indonesia hanya satu menit. Jadi tidak boleh tulisan itu panjang-panjang," katanya. Pemerintah Provinsi Jawa Timur bekerjasama dengan PT Telkom. [wir/but]

Tag : pesantren

Komentar

?>