Sabtu, 22 September 2018

DBD Serang 410 Warga Jatim, 5 Meninggal Dunia

Senin, 13 Februari 2017 10:34:35 WIB
Reporter : Rahardi Soekarno J.
DBD Serang 410 Warga Jatim, 5 Meninggal Dunia
Nyamuk penyebab demam berdarah. [Foto: dok/bj.com]

Surabaya (beritajatim.com)--Jumlah penderita Demam Berdarah Dengue (DBD) di Jatim sejak Januari hingga awal Februari 2017 sebanyak 410 orang. Penderita tertinggi adalah Kabupaten Bondowoso, yakni 69 penderita.

Kemudian disusul Kabupaten Probolinggo 66 kasus, Kota Probolinggo 36 kasus, Ponorogo 30 kasus dan Tulungagung 23 kasus. Sedangkan, daerah lainnya masih dilakukan pendataan alias masih proses pendataan.

"Dari 410 jumlah kasus yang terdata sampai saat ini. Jumlah penderita meninggal ada lima orang. Sebanyak dua penderita dari Kota Batu, dan satu penderita meninggal dunia masing-masing berasal dari Bondowoso, Jember, dan Malang," kata Kepala Bidang Pengendalian Penyakit dan Masalah Kesehatan Dinas Kesehatan Jatim, Ansarul Fahrudda.

Menurut Ansarul, faktor lingkungan menjadi alasan penyebab tingginya kasus DBD. Menurutnya, daerah yang mengalami kasus DBD karena kebersihan di lingkungan sekitar tak terawat dengan baik. Misalnya, air dalam bak atau ember dibiarkan berlarut-larut, sehingga menjadi sarang nyamuk.

"Selain itu, kurangnya pengawasan kebersihan lingkungan. Jadi warga jangan selalu bergantung sama petugas. Kesadaran masyarakat terhadap kebersihan adalah hal yang utama," katanya.

Karena itu, ia mengimbau kepada masyarakat untuk berperan aktif mencegah DBD. Ia juga meminta masyarakat untuk lebih peduli dengan lingkungan. Caranya membersihkan tempat-tempat yang kotor dan kumuh, menggalakkan program 3 M plus. Yaitu menguras, mengubur, dan menutup wadah yang berpotensi menjadi sarang nyamuk.

Selain itu, masyarakat juga bisa menggunakan obat pembasmi nyamuk. Misalnya mengusapkan lotion antinyamuk, membakar obat nyamuk, atau menaburkan bubuk abate di wadah yang dapat menjadi tempat berkembang biaknya nyamuk. "Dengan begitu, maka DBD bisa diegah," pungkasnya. [air/tok]

Komentar

?>