Jum'at, 24 Nopember 2017

Panitia Penjemputan Tan Malaka Dekati Pemkab Kediri

Rabu, 08 Februari 2017 19:46:49 WIB
Reporter : Nanang Masyhari
Panitia Penjemputan Tan Malaka Dekati Pemkab Kediri
Makam Datuk Ibrahim alias Tan Malaka di Kediri

Kediri (beritajatim.com) - Tan Malaka Institute dan Pemerintah Daerah Kabupaten Lima Puluh Kota mulai mendekati Pemkab Kediri terkait rencana pemindahan marwah Datuk Ibrahim Tan Malaka dari Makam Selopanggung.

Terkait pemindahan jasad Tan Malaka, pihak keluarga menyerahkan sepenuhnya ke pemerintah pusat. Menurut Datuk Monti dari Tan Malaka Institut, rencana simbolis pemindahan marwah Tan Malaka, pada 22 Februari mendatang terus mengerucut.

Pihak keluarga mulai dari pengurus Tan Malaka Institute didampingi Kepala Dinas Sosial Pemerintah Daerah Lima Puluh Kota, Sumatera Barat datangi Pemkab Kediri.
 
Kedatangan mereka disambut oleh Wakil Bupati Kediri Masykuri Ikhsan dan tim dari Humas Pemkab. Para penduduk kelahiran tanah Minangkabau ini berniat menyambung silaturahim dan berencana memindahkan simbol tan malaka dengan menggelar tarian adat.
 
“Iinti persoalannya bukan seperti isu yang berkembang. Mengingat pemindahan jasad menjadi kewenangan pemerintah pusat, karena Tan Malaka merupakan Pahlawan Nasional,” kata Datuk Monti.
 
Sejauh ini pihaknya masih menunggu keputusan pemerintah untuk pemindahan jasad Tan Malaka sesuai ketentuan yang berlaku.

Diakuinya, nanti hanya membawa simbol saja tanpa membawa jasad utuh, mengingat sesuai adat pihaknya harus memboyong Datuk Ibrahim nama Tan Malaka.
 
Menyikapi adanya beberapa versi lokasi kematian Tan Malaka, pihaknya tidak mau berkomentar banyak. Mengingat, sejauh ini, sudah ada penelitian yang lama dari Harry A Pose dan juga sudah melakukan test DNA. Hasil tes DNA dari 14 kategori ada 9 poin kemeripan Tan Malaka
 
Hal inilah yang menjadi salah satu dasar keyakinan jasad pahlawan haluan kiri tersebut wafat di Desa Selopanggung, Kecamatan Semen, Kabupaten Kediri.
Di Kediri, sendiri kini ada dua versi meninggalnya Tan Malaka, satu di makam Desa Selopanggung dan lokasi kedua berada di pinggir Sungai Desa Petok, Kecamatan Mojo.

Sementara itu,pihak Pemerintah Kabupaten Kediri belum bisa dikonfirmasi terkait hal ini. (nng/ted)

Komentar

?>