Jum'at, 19 Oktober 2018

Korban Demam Berdarah Tembus 85 Orang, 1 Tewas

Rabu, 25 Januari 2017 14:46:14 WIB
Reporter : Yusuf Wibisono
Korban Demam Berdarah Tembus 85 Orang, 1 Tewas
Foto Ilustrasi

Jombang (beritajatim.com) - Musim penghujan yang berkepanjangan membuat serangan penyakit DBD (Demam Berdarah Dengue) semakin merajalela. Betapa tidak, bulan Januari 2017 ini saja, sudah ada 85 pasien yang menjalani perawatan di RSUD Jombang.

Dari jumlah tersebut, satu orang dinyatakan meninggal dunia. "Pada Januari ini sebanyak 85 pasien DBD yang dirawat di RSUD Jombang. Sedangkan yang meninggal satu orang pasien," ujar Direktur RSUD Jombang, dr Pudji Umbaran, Rabu (25/1/2017).

Pudji menjelaskan, jumlah penderita DBD itu terbilang rendah jika dibandingkan dengan bulan yang sama pada 2016. Yakni mencapai 250 penderita. Mereka positif terkena gigitan nyamuk adies aigepty. Dari jumlah itu, sebanyak delapan orang dilaporkan meninggal.

"Baik pada 2016 maupun 2017, rata-rata penderita DBD masih anak-anak. Mereka masuk ke rumah sakit dengan kondisi berbeda. Saat ini masih menjalani perawatan ada enam pasien. Rinciannya, tiga pasien di ruang HCI dan tiga pasien lagi di ruang ICU," jelas Pudji merinci.

Sementara itu, Munawaroh (43), salah satu ibunda pasien mengatakan, dia sudah hampir dua minggu berada di RSUD Jombang untuk menunggui anaknya yang opname karena positid DBD. Putrinya yang berusia sembilan tahun itu menjalani perawatan di ruang ICU.

Awalnya, sang anak mengalami demam tinggi. Sudah begitu juga muntah terus-terusan. Munawaroh mengira putrinya itu hanya mengalami demam biasa. Ibu rumah tangga ini baru ketar-ketir ketika sudah tiga hari demam tinggi tersebut belum juga turun. Munawaroh akhirnya membawa anaknya ke dokter.

"Dari situ diketahui kalau anak saya terkena DBD. Kadar trombositnya turun drastis. Semoga saja segera sembuh," ujar Munawaroh ketika ditemui di RSUD Jombang. [suf/but]

Komentar

?>