Sabtu, 22 Juli 2017

DPRD Kabupaten Kediri Desak Tes DNA Ulang Jasad Tan Malaka

Senin, 23 Januari 2017 17:22:44 WIB
Reporter : Nanang Masyhari
DPRD Kabupaten Kediri Desak Tes DNA Ulang Jasad Tan Malaka
DPRD Kota

Kediri (beritajatim.com) – Kalangan DPRD Kabupaten Kediri akhirnya turun tangan dalam polemik rencana pemindahan jasad Ibrahim Datuk Tan Malaka.

Dewan minta pemerintah melakukan tes DNA ulang terhadap jasad yang berada di pemakaman umum Desa Selopanggung, Kecamatan Semen, Kabupaten Kediri itu untuk memastikan kebenarannya.
 
Anggota DPRD Kabupaten Kediri Dodi Purwanto mengaku, khawatir apabila jasad yang bakal diboyong pulang Pemerintah Kabupaten Lima Puluh Kota Provinsi Sumatera Barat bukan jasad Tan Malaka. Mengingat, muncul versi lain tentang kematian pahlawan revolusioner itu dihabisi dan jenasahnya dihanyutkan ke Sungai Brantas di Desa Petok, Kecamatan Mojo, Kabupaten Kediri .
 
“Melalui uji DNA, maka nantinya dapat diketahui identik dan tidaknya jasad di dalam pemakaman Desa Selopanggung dengan keluarganya. Sebab, hasil tes DNA yang pernah dilakukan, pada tahun 2009 silam sampai sekarang ini belum keluar. Jangan sampai kita ramai-ramai soal pemindahan, ternyata jasadnya belum jenas,” kata Dodi, Senin (23/1/2017).
 
Hal terpenting lagi, menurut politisi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) ini adalah keinginan warga sekitar makam yang menolak pemindahan jasad Tan Malaka. Pemerintah telah menetapkan Tan Malaka sebagai Pahlawan Nasional, sehingga seluruh masyarakat indonesia memiliki hak terhadapnya.
 
Diberitakan sebelumnya, Pemkab Lima Puluh Kota, Provinsi Sumatera Barat akan memindah jasad Tan Malaka ke tanah kelahirannya, pada 21 Februari mendatang. Rencana pemindahan ini menuai polemik, karena arus penolakan di Kabupaten Kediri semakin deras. (nng/ted)

Komentar

?>