Kamis, 19 Januari 2017

Tuntut Transparansi, Ratusan Mahasiswa STKIP Demo Kampus

Kamis, 12 Januari 2017 12:55:43 WIB
Reporter : Yusuf Wibisono
Tuntut Transparansi, Ratusan Mahasiswa STKIP Demo Kampus

Jombang (beritajatim.com) - Ratusan mahasiswa STKIP PGRI Jombang menggelar unjuk rasa di kampus setempat, Kamis (12/1/2017). Mereka menuntut transparansi serta penuruanan biaya SPP.

Sejak pagi, ratusan mahasiswa ini sudah berkumpul di halaman kampus yang beralamat di Jl Pattimura Jombang. Mereka membentangkan poster dan spnaduk berisi tuntutan. Selain itu, mahasiswa juga melakukan orasi secara bergantian. Yel-yel dan pekik hidup mahasiswa membahana.

Rizki, salah satu mahasiswa mengatakan,
Besaran SPP dan DPP (Dana Pembangunan Pendidikan) yang harus dibayarkan oleh mahasiswa baru sebesar Rp 3.800.000. Rinciannya, Rp 1.800.000 untuk SPP dan Rp 2.000.000 untuk DPP.

Tentu saja, kebijakan itu sangat memberatkan mahasiswa, utamanya angkatan 2016. Oleh karena itu, mahasiswa menolak. Mereka meminta kebijakan tersebut ditinjau ulang. Apalagi, tingginya biaya tersebut tidak diimbangi perbaikan fasilitas kampus.

"Kami meminta agar biaya SPP dan DPP diturunkan. Kami sangat keberatan. Jika tuntutan ini tidak dikabulkan, maka aksi turun jalan terus kita lakukan," ujarnya saat berorasi.

Humas STKIP PGRI Jombang menyatakan, aksi yang dilakukan mahasiswa merupakan bentuk dari dinamika kampus. Menanggapi tuntutan mahasiswa, Firmansyah mengaku telah berkordinasi dengan pihak rektorat. Hasilnya, pihak rektorat akan mempertimbangkan aspirasi dari mahasiswa.

"Kita akan melakukan pembahasan lebih detail di tingkat internal. Yang perlu digarisbawahi adalah tidak ada kenaikan, angka tersebut sudah terpasang di brosur universitas, dan sudah dilihat oleh para mahasiswa baru, bahwa biaya pendidikan di STKIP sesuai dengan yang tertera di dalam brosur," pungkasnya.

Dalam aksi tersebut, mahasiswa ditemui  pihak rektorat untuk melakukan mediasi. Namun karena belum ada titik temu, ratusan mahasiswa ini akhirnya membubarkan diri. [suf/ted]

Berita Terkait

    Komentar

    ?>