Senin, 29 Mei 2017

7 Tips Belajar Bahasa Asing

Rabu, 11 Januari 2017 13:46:13 WIB
Reporter : Nabila Zatalini
7 Tips Belajar Bahasa Asing

Surabaya (beritajatim.com) - Apa yang bisa anda raih dalam waktu seminggu? Jika anda mendedikasikan hidup anda selama satu minggu, hal istimewa apa yang bisa anda dapatkan? Ini merupakan pertanyaan yang ditanyakan oleh dua saudara kembar multi bahasa Matthew dan Michael Youlden, dalam sebuah video Youtube yang sudah ditonton 700 ribu kali.

Dalam video yang diupload oleh channel Babbel itu dengan judul “Identical Twins Attempt To Learn A Language In A Week” menceritakan perjalanan kedua saudara ini menyelesaikan tantangan belajar bahasa asing dalam waktu satu minggu saja. Dalam video tersebut mereka bertekat untuk mempelajari bahasa Turki sebagai bahasa barunya. Mau tau tips dan trikss dari kembar identik ini?. Berikut, tujuh hal yang harus anda lakukan untuk bisa berbahasa asing.

1.      Tau kenapa harus belajar.

Untuk memulai mempelajari bahasa baru, anda harus mempunyai alasan yang jelas untuk mempelajari suatu bahasa asing. Setelah itu anda bisa membuat target pencapaian setiap harinya.  

2.      Buat metode pembelajaran

Agar apa yang anda pelajari itu melekat dalam ingatan anda, upayakan segala sesuatu yang dapat membantu kegiatan pembelajaran. Seperti menempelkan catatan-catatan kecil ditembok atau benda-benda tertentu dengan kosa-kata bahasa yang ingin dipelajari.  Usahakan memulai dari hal-hal yang sangat familiar dalam kehidupan seperti benda-benda yang ada disekitar kamar atau rumah anda.

3.      Mencari Teman

Dalam proses pembelajaran khususnya bahasa asing, teman belajar sangatlah memiliki peran aktif untuk meningkatkan khualitas pembelajaran anda. Temukan teman yang memiliki target dan tujuan yang sama, juga persaingan positif yang akan timbul membuat motivasi anda dalam belajar bahasa asing akan lebih meningkat. Selain itu mempunyai partner belajar juga dapan memudahkan anda untuk belajar bahasa asing secara vokal serta melatih rasa percaya diri anda.

4.      Buatlah tantangan

Agar membuat proses belajar anda semakin mengasyikan, cobalah untuk membuat tantangan-tantangan kecil. Anda bisa memulai dengan mencoba mempraktekan bahasa anda dikehidupan nyata seperti kepasar atau berbicara pada orang yang sangat menguasai bahasa yang anda pelajari.

5.      Makan bahasa itu sepenuhnya

Maksudnya, anda harus menghiasi hidup anda dengan bahasa yang anda pelajari. Mendengarkan musik atau radio dengan bahasa yang bersangkutan atau menonton film serta mencoba kuliner negara yang bersangkutan akan sangat membantu khualitas pembelajaran anda.  Cara ini dapat membuat bahasa yang anda pelajari akan terasa lebih familiar dan membuat anda mencintai bahasa yang anda pelajari.

6.      Lakukan pengulangan

Teruslah mempraktekan apa yang sudah anda pelajari. Walaupun itu merupakan kosakata yang sederhana, namun teruslah menggunakan apa yang sudah anda pahami. Pengulangan-pengulangan akan meningkatkan kemampuan anda untuk menerima setiap kosakata baru tanpa mempengaruhi apa yang sebelumnya sudah anda pelajari, sehingga kuantitas kosakata baru anda akan terus meningkat.

7.      Variasikan metode pembelajaran

Anda bisa mempelajari bahasa asing tidak hanya melalui buku. Memakai komputer, aplikasi serta hal-hal lainnya yang menunjang pembelajaran anda sanggan direkomendasikan. Cobalah melakukan hal-hal baru yang berkaitan dengan pembelajaran bahasa asing. Pastikan metode yang akan anda lakukan tetap mendukung target anda bisa menguasai bahasa yang baru. [nab/but]

Sumber : Babbel Magazine
Tag : bahasa

Komentar

?>