Selasa, 26 September 2017

Derita Bicah 7 Tahun asal Blitar

Tumor Gusi Seberat 1,5 Kg Berhasil Diangkat

Selasa, 10 Januari 2017 07:49:05 WIB
Reporter : Fahrizal Tito
Tumor Gusi Seberat 1,5 Kg Berhasil Diangkat

Surabaya (beritajatim.com) - Tim gabungan dokter dari Rumah Sakit PHC dan RSUD Dr Soetomo Surabaya berhasil mengangkat tumor gusi seberat 1,5 kilogram yang diderita Shinwan Bintang, bocah 7 tahun asal Blitar, Jawa Timur.

Saat ini kodisi bocah berusia 7 tahun, kondisinya sudah sehat. Bahkan dari slide foto yang ditampilkan saat press conference, Senin (9/1/2016), Bintang sudah bergaya sembari duduk dan memetalkankan jemari tangannya.

Tim operasi tumor gusi, dr Urip Murtedjo SpB-KL(K) mengungkapkan, pasca pengangkatan tumor kondisi wajah bocah asal Blitar itu masih sama. Yakni, rahang melebar dan mulut terbuka. Namun, benjolan tumor di rahang atas dan bawahnya sudah hilang.

"Ini termasuk kejadian langka, belum pernah saya temui. Bahkan di dunia jarang ditemukan kasus tumor gusi seperti ini. Kalau secara teori sebenarnya penyakit ini semakin mengecil seiring bertambahnya usia. Akan tetapi dalam kasus ini malah semakin membesar,” jelasnya.

Ia mengungkapkan, saat usia 2 tahun, Bintang pernah dibawa ke RSUD Dr Soetomo. Namun saat itu tim dokter belum bisa melakukan tindakan lebih lanjut. Setelah mendapat donasi dan fasilitas dari PHC, tim dokter dari RSUD dr Soetomo dan RS PHC memutuskan untuk menjalankan operasi.

"Operasi dilakukan selama 5 jam dan lancar. Target operasi awal rahang bawah saja, ternyata tidak terjadi pendarahan yang. Maka langsung dilakukan operasi reduksi dengan mengurangi tumor pada bagian atas dan benjolan di gusi lainnya,” papar Urip.

Tumor tersebut juga membuat perkembangan rahang bawah, bahkan pada bagian kiri ditemukan rahang yang patah. Dikatakannya, selama 3 hingga 6 bulan akan diamati perkembangan rahang tersebut.

“Kalau masalah bentuk rahangnya yang melebar, bisa remodelling secara alami, jadi tidak perludi rekonstruksi dulu. Yang penting rahangnya sudah bisa digunakan dengan baik,” jelasnya.

Selain rahang yang berubah bentuk, posisi gigi pasien juga berantakan. Sehingga tim dokter memutuskan untuk mencabutnya. Saat operasi juga ditemukan kondisi lidah yang sudah lengket.

“Saat ini remodelling rahang atas, bawah dan mencoba melatih rongga mulut agar bisa digunakan dengan baik.  Jadi akan kami atur lagi agar bisa normal dengan kondisi lidah yang lebih baik juga,” terangnya.

Untungnya, tambah Urip, tumor yang bersarang di gusi bocah Blitar itu jinak. Sehingga tidak sampai merusak lapisan kulit luar. Namun demikian, dalam operasi ini juga masih ditemukan tantangan yakni masalah pembiusan.

Selama 6 bulan kedepan kondisi pasien akan dipantau untuk asupan gizinya. Sebab paha kiri Bintang juga ditemukan patah akibat struktur tulang yang rapuh karena kurangnya asupan gizi. [ito/suf]

Tag : penyakit tumor

Komentar

?>