Kamis, 23 Maret 2017

Bagaimana Jika Keluarga Kita Alami Gangguan Jiwa

Masuk RSJ Menur Cukup Bayar Rp 20 Ribu

Rabu, 04 Januari 2017 16:35:59 WIB
Reporter : Widya Nindi
Masuk RSJ Menur Cukup Bayar Rp 20 Ribu

Surabaya (beritajatim.com) - Orang yang mengalami gangguan jiwa kadang kala tidak dirawat secara benar. Pihak keluarga kadang kala tidak memahami cara perawatannya. Bahkan untuk membawa ke rumah sakit pun, pihak keluarga tidak selalu mengerti.

Menyikapi gejala di masyarakat tersebut, pihak Rumah Sakit Jiwa (RSJ) Menur Surabaya memberikan penjelasan terkait prosedur-prosedur yang harus dijalankan untuk mendaftarkan pasien.
 
Direktur RSJ Menur Surabaya dr Adi Wirachjanto, Rabu (04/01/17), menuturkan bahwa ada dua prosedur yang berbeda untuk pasien yang akan masuk Rumah Sakit Jiwa Menur Surabaya tegantung pada jenis golongan pasien.

Yang pertama, pasien umum boleh datang langsung yang akan dilayani selama 24 jam dan bisa langsung dirujuk ke UGD (Ruang Gawat Darurat). Ini untuk pasien yang termasuk memiliki gejala akut seperti mengamuk, membahayakan orang lain dan pasien yang ingin melakukan bunuh diri. Caranya cukup membayar karcis Rp.2o ribu. Selanjutnya akan diperiksa dan ditentukan apakah pasien tersebut termasuk rawat inap atau rawat jalan.

Prosedur kedua, pasien dengan kartu JKN (Jaminan Kesehatan Nasional). Pihak keluarga harus membawa beberapa keterangan, seperti Kartu JKN (Jaminan Kesehatan Nasional), KTP (Kartu Tanda Penduduk), KK (Kartu Kelurga), dan untuk pasien yang berasal dari daerah harus membawa Kartu Rujukan dari Puskesmas daerah.

"Bagi pasien pada golongan ini tidak dikenai biaya akan tetapi mengajukan klaim kepada BPJS (Badan Penyelenggara Jaminan Sosial) untuk biaya Rumah sakit," kata dr Adi.

Untuk pasien yang membutuhkan penjemputan, pihak rumah sakit menyediakan sarana untuk penjemputan. Sarana ini dikenai biaya yang dihitung dari jarak tempuh tujuan penjemputan. "Per kilometer sebesar Rp 15.000 dan ini dikenai untuk semua golongan pasien baik pasien umum atau pasien dengan JKN," tuturnya.

Direktur RSJ Menur Surabaya juga menambahkan bahwa RSJ Menur sama halnya seperti rumah sakit lainnya hanya saja tidak menyediakan untuk rawat inap untuk umum. Fasilitas rawat inap kepada pasien dengan gangguan jiwa.

"RSJ Menur Surabaya juga mengeluarkan Surat Keterangan Sehat, Bebas Narkoba, dan lainnya," ujar dr Adi. [wid/but]

Komentar

?>