Selasa, 26 September 2017

Pendidikan Gratis, SMP Favorit di Jember Nunggak Rp 265 Juta

Kamis, 29 Desember 2016 21:48:13 WIB
Reporter : Oryza A. Wirawan
Pendidikan Gratis, SMP Favorit di Jember Nunggak Rp 265 Juta

Jember (beritajatim.com) - Pemberlakuan program pendidikan gratis membuat salah satu sekolah favorit di Kabupaten Jember, SMP Negeri 2, tak bisa menerima uang sumbangan wali murid.

Alhasil, komite sekolah itu kini menunggak biaya pembangunan gedung sebesar Rp 265 juta kepada rekanan.

"Ini sebenarnya tanggungan kelas 8 dan kelas 9. Tapi begitu tahun ajaran 2016-2017 ada sekolah gratis, ternyata kelas 8 dan 9 juga ikut gratis (tidak lagi ada sumbangan partisipasi wali murid, Red). Padahal kami ada utang Rp 265 juta di pemborong. Kami kesulitan membayarnya," kata Kepala SMPN 2 Jember Muhammad Subarno kepada wartawan.

Subarno mengatakan, sebenarnya masalah utang tersebut adalah urusan komite sekolah. "Yang membangun adalah komite, maka itu saya serahkan ke komite bagaimana menyiasati. Salah satu kemarin dari hasil pertemuan komite, akan mendekati alumni-alumnis SMP 2, atau mungkin mendekati BUMN (Badan Usaha Milik Negara)," katanya.

Menurut Subarno, pihaknya mendekati pihak ketiga. "Harapan Ibu Bupati itu," katanya.

Tahun lalu, SMP Negeri 2 tercatat sebagai sekolah terbaik di Jember dan peringkat ketiga di Jawa Timur. Setiap tahun banyak masyarakat selalu berlomba memasukkan anak mereka ke sana. [wir/ted]

Komentar

?>