Sabtu, 25 Februari 2017

Ibu Hamil Konsumsi Minyak Ikan, Anak Tahan Asma

Kamis, 29 Desember 2016 12:43:14 WIB
Reporter : Ayu Lestari
Ibu Hamil Konsumsi Minyak Ikan, Anak Tahan Asma

Surabaya (beritajatim.com) - Sebuah penelitian di Denmark menemukan bahwa mengkonsumsi minyak ikan dalam 3 bulan terakhir kehamilan dapat mengurangi risiko asma pada anak.

Namun, dalam penelitian yang dirilis pada hari Rabu (28/12/16) lalu dan dilansir dalam The New England Journal of Medicine, para peneliti merekomendasikan bagi ibu hamil tidak harus mengkonsumsi secara rutin. Meskipun studi ini tidak menemukan efek samping pada ibu atau bayi, minyak ikan hanya boleh dikonsumsi sebagai suplemen saja.

Menurut Dr. Hans Bisgaard, seorang profesor pediatri di University of Copenhagen dan kepala penelitian di Studi Calon Copenhagen Asma pada Anak, Vitamin D dalam kandungan minyak ikan dapat membantu menguatkan system imun anak di udara yang tercemar.

Berbagai cara telah dilakukan untuk mencegah asma, penyakit yang menyebabkan batuk dan kesulitan bernapas dalam beberapa dekade terakhir ini. Hal ini tidak hanya terjadi di negara maju saja, tapi negara berkembang seperti yang tersebut dalam Global Atsma Network.

Dr. Christopher E. Ramsden, dari National Institutes of Health, mengatakan bahwa temuan ini akan membantu dokter mengembangkan "obat presisi" dan akan dilakukan studi lebih lanjut mengenai manfaat minyak ikan ini. [ayu/but]

Tag : kesehatan

Komentar

?>