Minggu, 24 September 2017

Latih Penulisan Narasi di Kaki Bukit Kapur

Sabtu, 24 Desember 2016 13:19:39 WIB
Reporter : Oryza A. Wirawan
Latih Penulisan Narasi di Kaki Bukit Kapur

Maros (beritajatim.com) - Pelatihan penulisan dan reportase naratif akan lebih menyenangkan dan efektif, bila dilakukan di alam terbuka. Peserta akan lebih mudah menyerap materi yang disampaikan instruktur.

Demikian penilaian wartawan Beritajatim.com asal Kabupaten Jember, Jawa Timur, Oryza A. Wirawan, saat diundang menjadi pemateri pelatihan jurnalistik untuk pemuda, yang diselenggarakan Komunitas Sahabat Alam (Kosalam), di Taman Purbakala Leang-Leang, Kabupaten Maros, Sulawesi Selatan, 21-24 Desember 2016.

Pelatihan diikuti 14 orang anak muda lokal. "Tujuan acara ini untuk mengembangkan kapasitas kepenulisan kaum muda, dan memberikan pemahaman mengenai keterkaitan antara kapasitas kepenulian dengan tantangan surplus demografi," kata Aman Wijaya, salah satu panitia.

Kosalam tertarik mengundang Oryza sebagai pemateri setelah buku karyanya berjudul Pembunuhan di Ladang Tebu diterbitkan Gading Publishing. Buku ini bercerita tentang keluarga petani tebu di Kabupaten Jember, Jawa Timur.

Kelas narasi ini dilakukan di kaki bukit kapur (karst) dan lebih banyak mengedepankan diskusi. Peserta mendapat dasar-dasar penulisan naratif yang banyak digunakan oleh para reporter kelas dunia seperti Gay Talese dan Susan Orleans.

Para peserta diminta untuk belajar mewawancarai teman masing-masing, dan menuliskan kisah paling menarik dalam hidup sang kawan. Mereka juga mendapat tugas melakukan reportase berkelompok. [wir/suf]

Tag : jurnalistik

Komentar

?>