Selasa, 25 Juli 2017

Tim Robot Ichiro ITS Raih Juara Umum di Beijing

Selasa, 20 Desember 2016 00:27:45 WIB
Reporter : Fahrizal Tito
Tim Robot Ichiro ITS Raih Juara Umum di Beijing

Surabaya (beritajatim.com) - Tim robot Ichiro, Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya, meraih juara umum serta delapan medali di Federation of International Robot-Soccer Association Humanoid Robot Cup (FIRA Hurocup) 2016 di Beijing.

Sebanyak enam dari 10 kategori lomba yang dilaksanakan selama lima hari (14 -18 Desember 2016) itu, para mahasiwa ITS berhasil membawa nama Indonesia berkibar di Beijing dan mengalahkan 23 tim dari 9 negara, diantaranya Tiongkok, Taiwan, Indonesia, Malaysia, India, Meksiko, Kanada dan Korea.

Ketua Tim Ichiro ITS, Satria Hafizuddhin melalui pesan online, Senin (19/12/2016), mengatakan, pada laga pertama kompetisi FIRA Hurocup 2016 tersebut timnya sempat mengalami kendala. Yakni tidak bisa menyesuaikan informasi dengan peraturan yang berlaku.

"Terdapat beberapa perbedaan peraturan yang berlaku pada hari pertama. Selain itu, lingkungan lomba juga berbeda dengan kondisi nyata, dan performa Ichiro dalam mengikuti pertandingan juga terpengaruh," tutur Satria.

Mahasiswa Departemen Teknik Elektro ini, menambahkan, tim lawan dari negara lain pun melontarkan pendapat yang sama. Peserta FIRA banyak yang merasa kesusahan mendapatkan poin. "Kami dan tim lain pun merasakan hal yang sama. Meski demikian, kami tidak putus asa. Dan saya beserta tim tetap optimistis, serta menyesuaikan peraturan baru itu," kata Satria.

Dipaparkannya, robot Ichiro I berhasil meraih tiga medali emas dan satu medali perak dengan perolehan juara 1 Kategori Marathon, juara 1 kategori Sprint, juara 1 kategori Soccer, dan juara 2 kategori halang rintang.

Tak hanya itu, dari sekian banyak juara yang diraih dengan total skor 38, robot Ichiro I pun memperoleh tambahan penghargaan sebagai juara umum III.

Pencapaian robot Ichiro II pun tak mau kalah. Robot ini mampu mengantongi tiga medali perak dan satu medali perunggu dengan perolehan juara 2 kategori marathon, Juara 2 kategori Sprint, Juara 2 kategori Soccer, dan Juara 3 kategori Weight Lifting.

"Atas pencapaian total skor 40, robot Ichiro II dinobatkan sebagai Juara Umum II," papar Satria.

Dosen pembimbing, Muhtadin merasa bangga atas apa yang telah dicapai oleh anak didiknya. "Alhamdulillah, capaian ini sangat memuaskan. Terutama, kami bersyukur dapat mengharumkan nama Indonesia dan ITS, terimakasih atas dukungan yang kuat dari berbagai pihak," tandas Muhtadin. [ito/suf]

Tag : its robot

Komentar

?>