Minggu, 28 Mei 2017

Penderita HIV/AIDS di Pasuruan Cukup Tinggi

Kamis, 01 Desember 2016 20:52:17 WIB
Reporter : Shohibul Hujjah
Penderita HIV/AIDS di Pasuruan Cukup Tinggi

Pasuruan (beritajatim.com) - Meski dijuluki sebagai kota santri. Namun, sungguh ironis bahwa penderita HIV / AIDS di wilayah Kabupaten Pasuruan ini cukup tinggi. Sehingga untuk mengatasi hal tersebut, pihak terkait terus gencar melakukan kampanye tentang pencahagan HIV / AIDS.

Hal itu, seperti yang dilakukan oleh tim Puskesmas Grati pada Kamis (01/12/2016) siang. Mereka mendatangkan sebuah replika robot Aids ke lokalisasi yang berada di Dusun Karanganyar, Desa Cukurgondang, Kecamatan Grati, Kabupaten Pasuruan.

Kedatangan robot aids ini merupakan salah satu rangkaian kampanye deteksi dini dan pencegahan terhadap HIV / AIDS yang dilakukan Puskesmas Grati untuk memperingati Hari Aids se - dunia.

Dalam kegiatan ini, robot aids ini berkampanye di jalan pedesaan dan membagikan selebaran pencegahan HIV / AIDS. Selain iu, robot aids ini juga melakukan door to door ke rumah-rumah yang ada di area lokalisasi tersebut.

Menurut Ratna Indah Kurniawati Pengelola Program HIV / AIDS Puskesmas Grati mengatakan, pihaknya memang sengaja memilih lokasi Karanganyar sebagai tempat sosialisasi serta kampanye pencegahan penularan HIV / AIDS dan menjaga kelangsungan hidup ODHA

"Alasannya karena orang di wilayah ini beresiko tinggi terkena HIV / AIDS. Sebab wilayah ini merupakan wilayah lokalisasi meskipun jumlahnya sangat sedikit," katanya kepada beritajatim.com usai melakukan kegiatan.

Lebih lanjut, ia mengatakan bahwa jumlah penderita HIV / AIDS di wilayah Kabupaten Pasuruan cukup tinggi. Bahkan, Pasuruan berada di urutan ketiga se - Jawa Timur dengan jumlah penderita HIV / AIDS cukup tinggi.

"Kalau jumlah total di Pasuruan saya tidak punya. Tapi, kalau di Grati sudah ada 60 ODHA yang tercatat," pungkasnya. (oci/ted)

Komentar

?>