Selasa, 25 Juli 2017

Setarakan Kemampuan PTN Indonesia Timur, ITS Gagas EPI-UNET

Kamis, 17 Nopember 2016 21:20:05 WIB
Reporter : Fahrizal Tito
Setarakan Kemampuan PTN Indonesia Timur, ITS Gagas EPI-UNET
Rektor ITS, Prof Ir Joni Hermana di Kampus ITS

Surabaya (beritajatim.com) - Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya, menggandeng 23 perguruan tinggi negeri (PTN) dari wilayah Indonesia timur.

Renacananya untuk  gagas kolaborasi Presidential Forum Eastern Part of Indonesia-University Network (EPI-UNET), bertujuan memajukan bidang akademik, riset dan inovasi yang kedepannya akan di tawarkan kepada negara.

"Kolaborasi ini bertujuan untuk membenahi keterbatasan sumber daya PTN wilayah Indonesia timur agar bisa maju secara bersama-sama. Dan gagasan berbentuk networking atau EPI-UNET ini sebagai salah satu payung besar yang akan kami tawarkan kepada negara," tutur Rektor ITS, Prof Ir Joni Hermana, disela-sela acara, di kampus setempat, Kamis (17/11/2016).

Dengan cara berkolaborasi, tambahnya. Sumber dana dan SDMnya yang diperoleh dari 23 PTN yang tergabung dalam EPI-UNET bisa menciptakan topik dan ide dasar dari jurnal atau publikasi ilmiah dengan jumlah banyak, karena dilakukan secara bersama-sama dan SDM yang berbeda.

"Pada tahap awal, tiap perguruan tinggi melakukan pemetaan terhadap potensi di bidang akademik, dan riset apa yang bisa dikolaborasikan. Kami jalin komunikasi melalui website yang telah diresmikan penggunaannya bersamaan dengan pembukaan acara ini," tambah Joni.

Sementara itu, Rektor Universitas Musamus dari Merauke, Papua‎, Philippus Betaubun, mengungkapkan, rencana yang digagas dalam EPI-UNET bisa membangkitkan semangat di kampus yang dipimpinnya dan bisa menjadi perguruan tinggi besar seperti di Pulau Jawa.

“Program ini sangat bagus dan serius, karena ada MoU bersamanya juga. Semoga dapat memacu kami untuk bisa berkembang lebih baik lagi," ungkap Philippus.

Hal yang sama juga di katakan, Rektor Universitas Kalimantan Utara, Abdul Jabarsyah. “Sebagai perguruan tinggi yang baru berdiri, keikutsertaan kami dalam EPI-UNET akan dapat menyejajarkan perguruan tinggi kami dalam pergaulan baik akademik, riset dan lainnya," tandas Abdul Jabarsyah. (ito/ted)

Tag : its

Komentar

?>