Kamis, 23 Nopember 2017

Hari ini Tes PPDB Surabaya Jalur Sekolah Kawasan

Rabu, 29 Juni 2016 09:12:34 WIB
Reporter : Fahrizal Tito
Hari ini Tes PPDB Surabaya Jalur Sekolah Kawasan
Foto/dok

Surabaya (beritajatim.com) - Ketua PPDB Surabaya Ir. Yusuf Masruh, MM menfatakan, sampai penutupan pendaftaran PPDB jalur sekolah kawasan pukul 23.59 malam kemarin (27/06) sebanyak 10.406 siswa telah melakukan pendaftaran secara online.

“Rinciannya 5.509 pendaftar tingkat SMP dan 4.897 pendaftar SMA kawasan”.

Ia menjelaskan, sementara ada 13 SMP dan SMA yang ada di Kota Surabaya, siap digunakan untuk selenggarakan Tes Potensi Akademik (TPA) PPDB sekolah jalur kawasan.

"23 sekolah tersebut akan menampung 10.406 peserta dalam TPA tahun ini," urainya.

Untuk mempersiapkan Tes, ia menghimbau agar peralatan yang dibutuhkan saat tes harap dipersiapkan ketika akan mengikuti Tees besok.

"Dalam mengikuti TPA yang diselenggarakan mulai besok, Rabu (29/06) hingga Kamis (30/06) diharapkan Kartu Tes Potensi Akademik yang berisi nomor peserta/tanda bukti pendaftaran, Kartu UNAS/atau identitas lainnya (SKHUN/KK/Akte Kelahiran, serta Peralatan tulis (pensil 2B, rautan, dan penghapus) dan alas di bawa," himbaunya, Rabu (29/06/2016).

Diketahui, Seleksi dengan TPA merupakan proses untuk penyaringan siswa dengan tujuan memilih siswa yang diprediksikan (diramalkan) akan lebih berhasil dalam prestasi belajarnya di jenjang yang lebih tinggi, dan lebih kecil kemungkinannya untuk mengalami stress dengan tuntutan belajar di sekolah kawasan.

"Lebih dari itu, pengukuran TPA juga akan memberikan profil kemampuan berfikir siswa (berfikir dengan bahasa, angka, atau gambar) yang dapat dipergunakan oleh guru dan sekolah untuk mengembangkan proses pembelajaran di sekolah tersebut atau membantu siswa secara individual. Dengan begitu, proses pembelajaran di sekolah akan lebih efektif dan siswa dapat belajar serta meningkatkan kemampuan berfikirnya secara optimal," jelasnya.

Tes TPA yang dipergunakan untuk seleksi SMP dan SMA di Sekolah Kawasan akan mengukur 3 (tiga) bagian kemampuan berfikir, yaitu: (1) Verbal; ( 2) Numerikal; dan ( 3) Figural. Berikut ini diberikan penjelasan tentang masing-masing bagian.

“Selama TPA tidak boleh membawa alat bantu hitung seperti kalkulator”.

Selama pelaksanaan TPA, tambahnya Tes akan dimulai pukul 08.00 WIB-10.00 WIB, namun peserta dihimbau untuk datang 30 menit lebih awal. "Tujuannya ialah agar para peserta  tidak tergesa-gesa dalam mencari tempat dan lokasi tes," bebernya.

Sementara itu, lokasi TPA untuk jenjang SMP yang digunakan untuk besok, Rabu (29/06) yakni SMAN 5, SMAN 2, SMAN 1, SMAN 9, SMPN 1, SMAN 6, SMN 8, SMPN 6, SMPN 37, SMPN 9, SMAN 7 SMPN 3, dan SMPN 4. Sedangkan TPA untuk SMA menggunakan semua sekolah seperti TPA jenjang SMP namun minus  SMPN 3, dan SMPN 4. [ito/ted]

Tag : ppdb surabaya

Komentar

?>