Selasa, 26 September 2017

Wow!! 903 TK/PAUD Diguyur Dana BOP Rp 11,5 Miliar

Kamis, 23 Juni 2016 12:12:13 WIB
Reporter : Yusuf Wibisono

Jombang (beritajatim.com) - Sebanyak 93 lembaga Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) dan TK (Taman Kanak-kanak) di Kabupaten Jombang tahun ini bakal mendapatkan kucuran BOP (Bantuan Operasional Penyelenggara) senilai Rp 11,5 miliar. Saat ini, dana yang bersumber dari APBN itu sudah masuk kas daerah.

"Dana BOP sebesar Rp 11,5 miliar itu sudah masuk ke kas daerah. Kalau SK (Surat Keputusan) dari Bupati Jombang sudah turun, dana tersebut langsung kita transfer ke masing-masing rekening sekolah," ujar Djoko Suwono, Kepala Bidang Pendidikan Non Formal (PNF) Dinas Pendidikan Jombang, Kamis (23/6/2016).

Djoko mengatakan, awalnya sekolah TK/PAUD yang mengajukan BOP sebanyak 958 lembaga. Hanya saja, setelah dilakukan verifikasi terdapat beberapa lembaga yang tidak layak. Di antaranya, jumlah murid minimal 12 anak, serta lembaga tersebut belum memiliki NPSPN (Nomor Pokok Satuan PAUD Nasional). Sehingga jumlah yang berhak menerima dana BOP sebanyak 903 lembaga.

Dana BOP itu, lanjut Djoko, diprioritaskan untuk anak usia 4 hingga 6 tahun. Dengan perhitungan setiap anak akan mengantongi Rp 600 ribu. Praktis, masing-masing sekolah jumlah dana yang diterima tidak sama. Tergantung jumlah murid yang dimiliki. Jika dihitung secara global, paling kecil mendapatkan Rp 7,2 juta, sedangkan paling besar Rp 36 juta.

Dana tersebut, lanjutnya, dipergunakan untuk menunjang pendidikan. Dengan rincian sebanyak 50 persen anggaran diperuntukkan kegiatan pembelajaran. Semisal membeli buku, rak, serta untuk bintek. Bukan hanya itu. Anggaran tersebut juga diperuntukkan bagi penunjang pendidikan. "Penunjang pendidikan tersebut sebesar 35 persen," ujarnya.

Disinggung soal kapan cairnya dana tersebut, Djoko belum berani memastikan. Alasannya, masih menunggu SK dari bupati. "Yang pasti, dalam waktu dekat ini dana tersebut segera cair," pungkas Djoko. [suf/kun]

Tag : paud tk jombang

Komentar

?>