Rabu, 28 Juni 2017

Wabup Malang Usulkan Permainan Tradisional Masuk Eskul Sekolah

Senin, 29 Februari 2016 14:44:56 WIB
Reporter : Brama Yoga Kiswara
Wabup Malang Usulkan Permainan Tradisional Masuk Eskul Sekolah

Malang (beritajatim.com) - Wakil Bupati Malang, HM Sanusi berniat memasukkan permainan tradisional menjadi ekstra kurikuler di setiap sekolah. “Seperti halnya arahan Bupati, agar kebudayaan dan seni budaya Indonesia ini tidak luntur dengan masukknya seni dan budaya luar negeri. Karena permainan tradisional adalah ciri khas bangsa ini dan punya nilai luhur dalam membentuk karakteristik anak bangsa,” ungkapnya, Senin (29/2/2016).

Menurutnya, salah satu budaya kita yang patut kita pertahankan adalah gotong royong. Kebersamaan dalam budaya gotong royong ini dapat kita perkenalkan mulai dini melalui permainan tradisional. “Banyak permainan tradisional yang bisa dimainkan bersama-sama. Dalam permainan tradisional akan membentuk karakter nilai-nilai kebersamaan dalam menyelesaikan masalah,” tuturnya.

Permainan tradisional, lanjut Sanusi, mengajarkan anak-anak untuk bersama-sama dan bergotong menyelesaikan suatu permasalahan. Sehingga, pendidikan yang bagus, mampu mengangkat derajat manusia seutuhnya. “Saya akan kawal untuk mewujudkan kemajuan pendidikan. Karena sudah menjadi prioritas program Bupati tahun ini. Selain pendidikan, juga kesehatan dan ekonomi,” tutur Sanusi.

Menanggapi hal itu, Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Malang, Budi Iswoyo, mengatakan bahwa nantinya kegiatan pertunjukan seni dan sejumlah permainan tradisional akan dilanjutkan ke sekolah-sekolah. Akan dijadikan ekstra kurikuler wajib disamping kegiatan serupa seperti pramuka. “Nanti akan kita susun formatnya seperti apa. Juga waktu yang akan digunakan,” pungkasnya. (yog/kun)

Komentar

?>