Selasa, 21 Nopember 2017

Gelar Pelatihan Jurnalistik, PWI Jombang Blusukan ke Sekolah

Senin, 23 Nopember 2015 10:55:24 WIB
Reporter : Yusuf Wibisono
Gelar Pelatihan Jurnalistik, PWI Jombang Blusukan ke Sekolah

Jombang (beritajatim.com) - Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Jombang menggelar pelatihan juirnalistik untuk kalangan pelajar dan santri. Ada empat sekolah SMA/MA yang disasar oleh organisasi para kuli tinta tersebut, masing-masing SMA Negeri 1 Jombang, SMA-AWH (Abdul Wahid Hasyim) Tebuireng, PPBU (Pondok Pesantren Bahrul Ulum) Tambakberas, serta MAdrasah Aliyah (MA) Genukwatu, Ngoro.

Pelatihan di masing-masing sekolah tersebut digelar selama dua hari. Sedangkan materi yang diberikan seputar dasar-dasar jurnalistik. Semisal, teknik reportase, teknik menulis, serta video jurnalis. Walhasil hasil animo para pelajar untuk mengikuti acara tersebut cukup bagus. Terbukti, saat digelar pelatihan di SMA Negeri 1, pesertanya mencapai 25 orang.

"Untuk di SMA Negeri 1 Jombang, sudah selesai kita laksanakan. Selanjutnya, masih ada tiga sekolah yang akan kita sambangi dalam dua minggu ke depan," ujar M Syafii, ketua pelaksana sekolah jurnalistik untuk pelajar dan santri PWI Jombang, Senin (23/11/2015).

Dalam pelatihan itu, para peserta cukup antusias mengikuti. Karena materi yang diberikan oleh PWI memang bukan sebatas teori-teori semata. Namun prosentase lebih banyak dititikberatkan pada praktik di lapangan. Semisal untuk materi teknik reportase, dari dua jam tatap muka, sebanyak 60 persennya para peserta diminta melakukan praktik. Mulai menyusun pertanyaan, hingga melakukan wawancara secara langsung dengan nara sumber yang sudah ditentukan.

Sementara itu, Kepala Seksi Pendidikan Menengah, Dinas Pendidikan Jombang, Nanang Ismunanto mengatakan, pihaknya memberikan apresiasi positif kegiatan yang digelar PWI tersebut. Kedepan, pihaknya berharap pelatihan tersebut tidak ada tindak lanjutnya. Semisal, ada lomba karya jurnalistik bagi pelajar yang sudah mengikuti pelatihan tersebut.

"Kegiatan seperti ini sangat positif. Makanya saya berharap ada tindak lanjut kegiatan. Semisal, PWI menggelar lomba karya jurnalistik tingkat pelajar," pungkas Nanang saat membuka pelatihan jurnalistik di SMA Negeri 1 Jombang. [suf/kun]

Tag : jurnalistik

Komentar

?>