Selasa, 24 Oktober 2017

10.063 Guru di Kabupaten Mojokerto Ikut UKG

Sabtu, 21 Nopember 2015 10:31:16 WIB
Reporter : Misti P.
10.063 Guru di Kabupaten Mojokerto Ikut UKG

Mojokerto (beritajatim.com) - Sebanyak 10.063 guru baik yang berstatus Pegawai Negeri Sipil (PNS) maupun swasta di Kabupaten Mojokerto mengikuti Ujian Kompetensi Guru (UKG). UKG digelar bertujuan untuk memetakan tingkat kompetensi guru, pola pembinaan guru serta menjadi salah satu alat pengukur penilaian guru.

Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Mojokerto, Yoko Priyono mengatakan, total guru baik PNS maupun swasta mulai tingkat SD hingga SMA di Kabupaten Mojokerto mencapai 16 ribu lebih. "Tahun ini, mereka yang ikut UKG sebanyak 10.063 guru. Mereka yang mengikuti UKG berasal dari data LPMP," ungkapnya.

Masih kata Yoko, ada delapan sekolah yang tersebar di wilayah Kabupaten Mojokerto dengan 23 ruangan yang disiapkan untuk UKG kali ini. Setiap hari, ada tiga shift dengan masing-masing ruangan ditempati 20 guru. Dalam dua jam, para peserta harus menjawab pertanyaan sebanyak 100 soal. UKG sendiri digelar mulai Jum'at tanggal 20 November hingga Kamis tanggal 26 November pekan depan.

"UKG hanya untuk pemetaan saja, jika hasilnya nilainya kurang maka akan diadakan peningkatan mutu dengan LPMP. UKG berkaitan dengan profesional guru, kedepannya akan ada peningkatan profesi guru. Seperti workshop MGMP dan lainnya. Tahun 2015 ini, kita genjot di peningkatan mutu dulu," katanya.

Terkait banyaknya guru yang mengaku kesulitan menjawab soal UKG, menurut Yoko tidak ada masalah karena pihaknya akan melakukan pembinaan. Namun pihaknya berharap hasil UKG tahun ini lebih baik dari tahun 2013 lalu yang rata-rata nilainya hanya 4,7. Untuk guru yang absen, akan diperjuangkan agar bisa ikut susulan bulan depan.

Salah satu peserta UKG, Candra mengaku, soal ujian berbeda dengan mata pelajaran yang diajarkannya yakni Pendidikan Jasmani dan Kesehatan (Penjaskes). "Agar berbeda meski masih ada hubungannya, sekitar 60 persen soal Penjaskes dan 40 persen lainnya bukan mata pelajaran yang saya ajarkan," ujar guru SDN Pakis I ini. [tin/but]

Tag : guru

Komentar

?>