Kamis, 27 Juli 2017

IAIN Jember Segera Buka Cabang di Banyuwangi

Minggu, 11 Januari 2015 08:56:40 WIB
Reporter : Oryza A. Wirawan

Jember (beritajatim.com) - Institut Agama Islam Negeri Jember akan segera membuka cabang, terutama di kota-kota Eks Karesidenan Besuki, Jawa Timur. Kota yang paling siap adalah Kabupaten Banyuwangi.

"Kami sudah bersilaturahim dengan Bupati Banyuwangi Pak Abdullah Azwar Anas. Dia punya tanah 50 hektare untuk dipakai," kata Rektor IAIN Jember Babun Suharto.

Babun berharap kesiapan Banyuwangi juga disusul kabupaten lainnya, seperti Situbondo dan Bondowoso. "Saya membayangkan pusat kampus IAIN di Jember. Tapi kampusnya ada di mana-mana.  Di Probolinggo sudah ada fasilitas tanah lima hektare," katanya.

"Ke depan, saya membayangkan, punya Fakultas Kehutanan dan Fakultas Maritim, setelah jadi Universitas Islam Negeri Jember," kata Babun.

IAIN Jember berdiri pada 1965 dengan nama Institut Agama Islam Djember dan menjadi bagian dari IAIN Sunan Kalijaga Jogjakarta. Tahun 1968, berdirilah IAIN Sunan Ampel Surabaya. "Dalam rangka efisiensi birokrasi, IAID dialihkan ke IAIN Sunan Ampel," kata Babun.

Tahun 1997, IAIN Sunan Ampel Jurusan Tarbiyah di Jember berubah nama menjadi Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Jember, bersamaan dengan fakultas-fakultas cabang IAIN di seluruh Indonesia. Baru pada 19 Desember 2014, Presiden Joko Widodo meresmikan STAIN Jember menjadi IAIN Jember.

"Tahun 2015 ini kami diberi anggaran pusat untuk membangun 36 kelas. Pemerintah Kabupaten Jember memberi kami hibah Rp 2 miliar," kara Babun. [wir/kun]

Tag : iain

Komentar

?>