Pendidikan & Kesehatan

Waspada Virus Corona, Pasar Unggas di Surabaya Dipantau Ketat

Getty Images/BBC

Surabaya (beritajatim.com) – Penyebaran virus corona masih jadi perhatian bagi Pemkot Surabaya. Walikota Surabaya Tri Rismarini mengaku sudah mengeluarkan surat edaran antisipasi wabah virus Corona.

“Surat edaran itu sudah kita sampaikan ke apartemen, perkantoran dan fasilitas-fasilitas umum dan masyarakat” ungkapnya, Jumat (7/2/2020).

Sementara itu pengawasan terhadap pasar khususnya pasar unggas juga ditingkatkan. Karena virus Corona disebut-sebut mirip kasus flu burung.

“Kita sudah membagikan masker dan sarung tangan kepada pedagang. Saya berharap mereka disiplin untuk mengenakannya dan menjaga kebersihan” tegas Risma.

Risma menjelaskan upaya itu dilakukan mengacu dari keberhasilan Surabaya menangani kasus wabah virus flu burung beberapa tahun lalu.

Pemkot Surabaya juga membagikan sarung tangan dan masker kepada para pekerjanya yang bertugas dikawasan yang rentan akan penyebaran virus Corona. “Petugas TBC selain menggunakan sarung dan masker juga mengenakan pakaian khusus” jelasnya.

Kasus virus Corona mencuat kali pertama di Wuhan China, yang sekarang menjadi daerah endemi. Risma mengatakan kalau tidak banyak warga Surabaya yang menjadi tenaga kerja asing. “Meski begitu saya sudah mengintruksikan kepada dinas kesehatan untuk mengecek perlengkapan di bandara dan pelabuhan, sebagai antisipasi kedatangan orang dari daerah endemi” terangnya.(ifw/ted)

Apa Reaksi Anda?

Komentar