Pendidikan & Kesehatan

Warga Kabupaten Kediri Sambut Terobosan Pemprov Jatim Gratiskan SPP SMA dan SMK

Kediri (beritajatim.com) – Tahun ajaran baru Bulan Juli mendatang menjadi berkah bagi orang tua siswa yang anaknya menempuh sekolah SMA sederajat di wilayah Propinsi Jawa Timur. Hal ini karena Pemerintah Provinsi Jawa Timur menyatakan akan menggratiskan SPP untuk seluruh siswa SMA / SMK negeri di Jatim.

Seperti diungkapkan Kartiyah, salah satu wali murid dari SMA 1 Grogol, dirinya menyambut bahagia adanya kebijakan tersebut. Kebijakan tersebut ia rasa meringankan beban sehingga bisa dialokasikan untuk kebutuhan pendidikan lainnya.

“Alhamdulilah kebijakan ini sangat membantu kami orang tua wali. Karena sudah gratis, budget SPP ini bisa kami arahkan untuk menabung guna persiapan kuliah,” jelasnya.

Gubernur Propinsi Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa, mengatakan Pemprov sudah menganggarkan dana Rp 1,8 triliun dari APBD Jatim. Bantuan SPP diberikan untuk 733 SMA negeri dan 224 SMK negeri.

Khofifah berharap, tidak ada lagi anak di Jawa Timur yang tidak bisa sekolah karena kendala biaya. Dia ingin anak-anak Jatim cerdas, hebat dan berakhlak mulia.

Apalagi saat ini rata-rata lama sekolah siswa di Jatim adalah 7,34. Artinya rata-rata siswa hanya menyelesaikan studi sampai SMP semester pertama. Dengan adanya kebijakan ini diharapkan peningkatan derajat pendidikan bisa berjalan seiring dengan kualitas pendidikan masyarakat Jawa Timur. [adv kominfo/nng]

Apa Reaksi Anda?

Komentar