Pendidikan & Kesehatan

Warga Jember Olah Daun Kelor Jadi Makanan Lezat untuk Atasi Gizi Buruk

Jember (beritajatim.com) – Daun kelor mujarab untuk mengatasi gizi buruk. Warga Kecamatan Panti bersama mahasiswa Fakultas Keperawatan Universitas Jember di Kabupaten Jember, Jawa Timur menciptakan sejumlah pangan hasil olahan dengan bahan dasar daun kelor.

Mereka membentuk tujuh tim dan beradu kreatif dalam Festival Kesehatan bertajuk Bhiru Daun Panti, Sehat, Kreatif dan Mandiri di halaman Kantor Desa Kemiri, Kecamatan Panti, Minggu (16/6/2019) kemarin.

Tim Desa Kemuningsari Lor membuat kue brownies kukus dari daun kelor. Tim Desa Kemiri menampilkan kue bola-bola singkong keju. Tim dari Desa Pakis membuat puding ubi ungu. Sementara ibu-ibu Desa Suci membuat dawet kelor.

Sri Wahyuni, warga Kemuningsari Lor mengatakan, selama ini daun kelor hanya dikonsumsi sebagai sayur atau bahan masker untuk wajah. Mereka baru sadar setelah mendapatkan penyuluhan dan pendampingan dari mahasiswa Universitas Jember.

“Kami jadi tahu, jika banyak bahan makanan yang memiliki kandungan gizi yang bagus buat balita seperti ubi ungu dan daun kelor yang banyak tumbuh di sekitar rumah kami,” kata Wahyuni, sebagaimana dilansir Humas dan Protokol Unej, Senin (17/6/2019).

Ketua Panitia Gafinda Andri Aswari mengatakan, pemberian dan pembuatan makanan bergizi yang bersumber dari potensi lokal adalah bagian dari penyuluhan. Ada 48 mahasiswa peserta mata kuliah Keperawatan Komunitas Program Studi Profesi Ners angkatan 22 yang terlibat dalamk Festival Kesehatan Bhiru Daun Panti, Sehat, Kreatif dan Mandiri ini. [wir/but]

Apa Reaksi Anda?

Komentar