Pendidikan & Kesehatan

Wali Murid Keluhkan Lemotnya Server PPDB Online

Jombang (beritajatim.com) – Hari pertama PPDB (Penerimaan Peserta Didik Baru) online di Jombang dikeluhkan wali murid, Senin (24/6/2019). Pasal, server jaringan untuk pendaftaran murid baru tersebut mengalami gangguan.

Praktis, proses pendaftaran satu siswa yang seharusnya bisa selesai 5 menit, kini memakan waktu 15 hingga 20 menit. Selain lemotnya proses pendaftaran, orang tua siswa juga dibingungkan adanya penentuan lokasi peta rumah yang berbeda dengan data.

Tentu saja, kondisi itu mengganggu proses PPDB online dengan sistem zonasi. Karut marut pendaftaran itu seperti yang terlihat di SMP Negeri 1 Tembelang, Jombang.

“Untuk mengakses pendaftaran online butuh waktu 15 sampai 20 menit. Ini karena servernya lemot. Padahal, sedianya bisa lima menit saja,” kata Maisaroh, salah satu wali murid usai mendaftarkan anaknya.

Maisaroh menambahkan, kendala lainnya adalah penentuan lokasi peta rumah yang berbeda dengan data. Dia lalu mencontohkan, pada hasil sementara, anaknya kini berada di urutan 95.

Padahal siswa lain yang berada lebih jauh dari lokasi rumahnya justru pada peringkat 3. “Sehingga ini bisa mempengaruhi penerimaan siswa yang mendaftar melalui sistem zonasi,” ujar Maisaroh.

Koordintor PPDB online SMP Negeri Tembelang, Ajeng, membenarkan adanya kelambatan proses pendaftaran tersebut. Menurut Ajeng, keterlambatan itu terjadi karena server digunakan secara bersamaan.

“Jika ada salah input data, kami menghimbau agar orang tua siswa bisa mendatangi panitia PPDB untuk membenarkan alamat sesuai dengan tempat tinggal,” pungkas Ajeng. [suf]

Apa Reaksi Anda?

Komentar