Pendidikan & Kesehatan

Wabup Mojokerto Resmikan Fasilitas Baru RSUD RA Basoeni

Mojokerto (beritajatim.com) – Wakil Bupati Mojokerto meresmikan gedung A (emergency), gedung B (central diagnostik) dan instalasi farmasi RSUD RA Basoeni di Jalan Raya Gedeg, Kecamatan Gedeg, Kabupaten Mojokerto, Kamis (24/1/2019). Gedung eksekutif rawat jalan dan rawat inap segera menyusul.

Penyediaan sarana dan prasarana kesehatan gedung A senilai Rp27.314.486.000, gedung B Rp30.567.085.000 dan gedung instalasi farmasi sebesar Rp971.110.000, dengan total keseluruhan Rp578.852.681.000. “RSUD RA Basoeni terus berupaya memberi pelayanan kesehatan terbaik,” ungkap Direktur RSUD RA Basoeni, Endang Sulistiyowati.

Pembiayaan pembangunan sudah diserap RSUD RA Basoeni 100 persen berupa tiga gedung. Gedung A dan B terdiri 4 lantai dan pada bulan April 2019 mendatang akan diajukan akreditasi RS yang ke-2. Pihaknya berharap bisa mencapai predikat Paripurna.

Sementara itu, Wakil Bupati Mojokerto, Pungkasiadi berharap dengan adanya gedung baru tersebut dapat mempercepat layanan kesehatan lebih baik seperti kemoterapi dan hemodialisa. “Selain itu saya berharap cakupan rawat jalan dan inap makin profesional, begitu juga dengan kualitas dan pelayanan,” katanya.

Masih kata Wakil Bupati, Sumber Daya Manusia (SDM) harus baik agar masyarakat puas, karena berhubungan dengan pelayanan publik. Orang nomor dua di Kabupaten Mojokerto ini berpesan agar memperlakukan dan layani pasien dengan tutur kata yang sopan dan menyejukkan. “Karena perlakuan ini merupakan bagian dari proses penyembuhan,” ujarnya.

Fasilitas emergency pada gedung A terdiri dari IGD, ponek (kegawat daruratan kandungan dan kebidanan), ICU, serta 4 kamar operasi. Selanjutnya fasilitas central diagnostik pada gedung B terdiri dari radiologi, CT-scan, USG, laboratorium patologi klinik, laboratorium patologi anatomi bank darah, pelayanan kemoterapi.

Rawat inap penyakit dalam klas 1 dan 2, serta rawat inap bedah klas 1 dan 2. Untuk gedung farmasi direncakan pada tahun 2019 akan dibangun gedung E 4 lantai, penutupan  sungai menjadi jalan masuk ke rumah sakit, pagar, pembangunan gedung dapur, juga instalasi pengolahan limbah.

Sedangkan pada tahun 2020 mendatang, RSUD RA Basoeni juga direncakan segera membangun gedung eksekutif rawat jalan dan rawat inap lantai 4 lengkap dengan parkir bertingkat, pada lahan eks kantor Kecamatan Gedeg.

Peresmian sendiri ditandai pengguntingan pita oleh wabup didampingi Ketua DPRD Ismail Pribadi, Sekdakab Herry Suwito, Wakil Ketua TP PKK Yayuk Pungkasiadi, Asisten, Staf Ahli, unsur Forkopimda serta kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Kabupaten Mojokerto.[tin/kun]

Apa Reaksi Anda?

Komentar