Pendidikan & Kesehatan

Virus Cacar Monyet Bisa Menular ke Manusia

Surabaya (beritajatim.com) –  Penyakit Cacar Monyet saat ini menjadi perhatian serius pihak dinas Kesehatan Batam, pasalnya Senin (13/5/2019) seorang imigran warga Nigeria terbukti terjangkit dan membawa virus cacar monyet dari negaranya.

Virus Cacar Monyet ini menurut Dr. Dominicus Husada dr.,DTM&H.,MCTM (TP).,SpA(K) merupakan virus yang berasal dari penyebab virus monkeypox. Menular dari hewan seperti mengkonsumsi daging yg diproses kurang sempurna, atau terjadi sentuhan pada goresan luka atau memegang bahan yang mengandung virus tersebut. Biasanya carier atau hewan pembawa virus tersebut adalah monyet dan hewan pengerat.

Dominucus pun mengatakan bahwa Penyakit Cacar Monyet ini mampu menular dari manusia ke manusia dari sentuhan fisik serta memakan daging hewan yang terkontaminasi virus monkeypox.

“Penularannya bisa melalui sentuhan fisik, apalagi kalau mengenai kulit yang terluka, virus monkeypox ini menyerupai cacar jadi akan ada beberapa benjolan yang berisi air. Jika tersentuh bisa menular. Selain itu makan daging mentah atau tidak dimasak dengan benar juga dapat memicu, apalagi kalau hewan liar kita tidak tahu apakah hewan tersebut sehat atau tidak,” ujar dokter spesialis anak yang juga ahli masalah penyakit tropical ini.

Untuk penyebaran cacar monyet sendiri sebenarnya tidak terlalu cepat, karena tidak menular melalui udara atau airborne. Tetapi jika ada yang terjangkit virus monkeypox harus segera dilakukan isolasi setidaknya selama 2-4 Minggu.

“Karena berpotensi sebagai wabah meskipun perkembangannya sulit, jadi jika ada orang yang terjangkit virus ini maka sebaiknya diisolasi,” tambahnya.

Dominicus pun mengatakan bahwa penyakit ini berpotensi mematikan tapi variabelnya berasal dari banyak faktor. “Mampu mematikan tapi jarang sekali, itupun karena banyak faktor yang mempengaruhi. Tidak ada terapi definitif nya,” ujar Dominicus.

Dominicus pun menegaskan bahwa saat ini pun virus monkeypox belum ada antivirus nya tetapi untuk pencegahan bisa digunakan vaksin cacar. Sedangkan pada dasarnya tidak hanya monyet saja yang bisa menjadi pembawa virus pox ini, tetapi juga sapi dan hewan lainnya juga dapat menjadi carier virus ketika hidup dalam lingkungan yang tidak sehat sedangkan manusia hanya dapat terjangkit dan bukan carier pembawa virusnya. [adg/ted]

Apa Reaksi Anda?

Komentar