Pendidikan & Kesehatan

Usia 3 – 6 Tahun, Anak Butuh Gizi Penting

Surabaya (beritajatim.com) – Hari pertama sekolah merupakan momen penting bagi orang tua dan anak. Selain kebutuhan material, orang tua perlu mempersiapkan kondisi mental dan fisik terbaik si Kecil untuk menunjang kesiapan dan semangat anak dalam menghadapi dunia yang baru.

Untuk menunjang semangatnya di hari pertama PT Sarihusada Generasi Mahardhika merekomendasikan susu SGM Eksplor 3Plus, yang dapat membantu anak dalam.menyiapkan mentalnya. SGM Eksplor 3Plus ini diklaim membidik segmen anak usia sekolah, terlebih, 8 dari 10 agar anak sekolah Indonesia usia 4-12 tahun tak kekurangan Omega 3 (EPA+DHA)1.

“Kami percaya pemenuhan nutrisi seimbang merupakan fondasi penting dalam mendukung tumbuh kembang optimal anak. Apalagi saat memasuki usia sekolah si Kecil akan menerima berbagai stimulasi yang dapat menjadikannya Anak Generasi Maju yang kreatif, tumbuh tinggi dan kuat, supel, mandiri, dan percaya diri,” ungkap Ditra Komala, Brand Manager SGM Eksplor 3Plus.

Dr. Andyda Meliala, Pemerhati Pendidikan Anak Usia Dini dan Founder Resourceful Parenting Indonesia menyatakan, ketika orang tua memutuskan untuk mengenalkan anak usia dini pada lingkungan sekolah, maka anak akan menghadapi dunia baru. PAUD didesain sebagai institusi transisi yang mempersiapkan anak ke jenjang berikutnya.

“Sebagian besar metode pembelajaran anak usia 3-6 tahun menuntut mereka untuk terus aktif bergerak, mulai dari praktek berbagai pengetahuan secara langsung hingga bermain bersama teman-temannya. Namun dari pengalaman saya, tidak sedikit ditemukan anak-anak PAUD baik di kota maupun daerah terpencil, yang tidak fokus dan tampak lemas ketika berkegiatan karena tidak mendapatkan asupan nutrisi yang dibutuhkan. Padahal untuk mendukung semangat si Kecil, dibutuhkan persiapan mental dan fisik, termasuk pemenuhan nutrisi yang seimbang,” bebernya.

dr. Nurul Ratna Mutu Manikam, M.Gizi, SpGK, Dokter Spesialis Gizi Klinis menjelaskan, nutrisi seimbang merupakan dasar kesiapan fisik anak untuk menerima stimulasi dan pendidikan di sekolah. Untuk itu, dalam menjaga semangat di Hari Pertama Sekolah, peran orang tua sangat penting untuk memastikan bahwa anak telah mendapatkan asupan nutrisi seimbang dalam pola makan sehari-hari.

“Pada usia 3-6 tahun, kebiasaan makan yang baik pada anak mulai terbentuk dan akan terbawa hingga dewasa. Untuk itu anak perlu dibiasakan mengkonsumsi nutrisi seimbang yang terdiri dari berbagai zat makronutrien dan mikronutrien yang penting bagi metabolisme mereka sedini mungkin,” tambah dr. Nurul.[rea/kun]

Apa Reaksi Anda?

Komentar