Pendidikan & Kesehatan

Universitas Jember Tuan Rumah Konferensi Internasional Teori Graph

Jember (beritajatim.com) – Universitas Jember di Kabupaten Jember, Jawa Timur, menjadi tuan rumah The Fourth International Conference on Graph Theory and Information Security (ICGTIS) atau Konferensi Internasional Keempat Teori Graph dan Keamanan Informasi, 17-19 Juli 2019.

Konferensi ini diikuti oleh 93 peserta yang berasal dari 10 negara diantaranya Filipina, Malaysia, Amerika Serikat, Uni Emirat Arab, India, Perancis, Indonesia dan negara lainnya. Acara digelar di Hotel Green Hill.

Teori Graph adalah cabang dari Ilmu Matematika yang menjadi jembatan antara Ilmu Matematika dengan Ilmu Komputer. “Misalnya saja seorang yang akan membangun jaringan komputer, harus belajar Teori Graph agar tipologi jaringan komputer yang dibangunnya berhasil,” kata Slamin, guru besar Fakultas Ilmu Komputer Universitas Jember, sebagaimana dilansir Humas dan Protokol Unej, Kamis (18/7/2019).

Teori ini juga untuk bidang keamanan informasi. “Misalnya saja pesan yang dikirimkan melalui aplikasi tertentu harus dienskripsi agar tidak gampang diretas. Dasar dari enskripsi itu dari Teori Graph,” kata pria yang juga Presiden Indonesian Combinatorial Society (InaCombS).

Ada sembilan pembicara utama, tiga dari Indonesia dan sisanya dari luar negeri. Mereka adalah Kiki A. Sugeng dari Universitas Indonesia, Prof. Edy Tri Baskoro dari ITB, dan Saib Suwilo dari Universtas Sumatera Utara.

Sementara itu dari luar negeri ada Prof. Martin Baca dan Andrea Fenovcikova dari Technical University Kosice, Slovakia. Christina Dalfo dan Joseph Miret dari Universitat de Lleida, Spanyol. Serta Joe Ryan dan Yu Qing Lin dari University of Newcastle Australia.

Rektor Universitas Jember Moh. Hasan sangat mengapresiasi konferensi tersebut. “Yang terpenting membuka peluang kerjasama antara Universitas Jember dengan perguruan tinggi lainnya, khususnya di bidang pengembangan Teori Graph,” katanya. (wir/ted)

Apa Reaksi Anda?

Komentar