Pendidikan & Kesehatan

Universitas Jember Realisasikan Desa Eduwisata Agronursing

Jember (beritajatim.com) – Universitas Jember membantu realisasi desa eduwisata, Desa Burno, di Kecamatan Senduro, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur.

Mahasiswa Program Studi Diploma Tiga Keperawatan Fakultas Keperawatan Universitas Jember Kampus Lumajang mendampingi warga Desa Burno sejak Oktober 2019. Mereka bekerjasama dengan Badan Usaha Milik Desa Anoman Burno.

“Yang membedakan dengan desa wisata lainnya adalah kami mengusung konsep eduwisata berbasis agronursing,” kata Anggia Astuti, salah satu dosen, sebagaimana dilansir Humas dan Protokol Unej di Kabupaten Jember, Jawa Timur, Selasa (28/1/2020).

Agronursing sendiri adalah penatalaksanaan manajemen pelayanan keperawatan dan asuhan keperawatan, dalam ruang lingkup pertanian, perkebunan, perikanan, peternakan serta agroindustri. Konsep agronursing ini diwujudkan dalam materi yang diberikan dalam sekolah desa, semisal pengenalan dan pemahaman akan pentingnya Kesehatan dan Keselamatan Kerja atau K3 di area pertanian dan peternakan.

“Warga Desa Burno kami latih menggunakan alat pelindung diri saat bekerja di lahan dan kandang ternak, termasuk praktik mencuci tangan yang benar. Prosedur ini juga akan diterapkan kepada wisatawan yang berkunjung ke Desa Burno,” kata Anggia.

Ketua Bumdes Anoman Burno Tohar merasakan manfaat nyata dengan adanya pendampingan dari Universitas Jember Kampus Lumajang. “Oleh karena itu walau kegiatan eduwisata di Desa Burno sudah dibuka, tetapi kami ingin agar pendampingan dari Universitas Jember Kampus Lumajang terus berjalan,” katanya. (wir/kun)

Apa Reaksi Anda?

Komentar