Pendidikan & Kesehatan

UNAIR Luluskan 985 Wisudawan di Periode Juni 2019

Surabaya (beritajatim.com) – Sebanyak 985 lulusan hari ini secara seremonial dilepaskan oleh Rektor Universitas Airlangga Surabaya (UNAIR), Prof. Mohammad Nasih  dalam wisuda periode Juni 2019, Sabtu (29/6/2019) di Airlangga Convention Center.

985 lulusan tersebut terdiri dari jenjangdiploma (D3-D4) 36 orang, sarjana (S1) 735 orang, master (S2) 161 orang, dan doktor (S3) sebanyak 56 orang. Periode wisuda Juni 2019 ini, Fakultas Ekonomidan Bisnis masih menempati fakultas dengan wisudawan terbanyak yaitu 256 lulusan.

Pada periode wisuda bulan Juni 2019 ini, ada 22 lulusan yang tercatat sebagai wisudawan terbaik, dan 9 lulusan tercatat sebagai wisudawan berprestasi. Mengenai penetapan wisudawan terbaik dan prestasi, semua dinilai oleh fakultas tempat mahasiswa belajar. Wisudawan terbaik dinilai berdasarkan perolehan IPK tertinggi diambil dari masing-masing fakultas dan jenjang studi, dengan masa studi maksimal 4 tahun.

Pesan Rektor kepada Lulusan Pada wiuda periode Maret 2019, Prof. Nasih adalah bahwa tanggung jawab usai menjadi seorang lulusan universitas, sarjana, juga warga masyarakat yang dengan tetap hidup terdidik.
”Ilmu pengetahuan yang Anda kuasai, yang Anda pelajari selama menempuh pendidikan di universitas menuntut Anda untuk mengembangkan keilmuan. Termasuk untuk pengabdian kepada masyarakat, bangsa, dan negara,” ujarnya.

Selain itu, saat kelak berkarya di berbagai tempat, alumni diharapkan tetap memegang teguh value atau
nilai Excellence with Morality. Yang juga itu menjadi tagline dari UNAIR selama ini. Tak hanya berkemampuan dalam persoalan akademik tapi juga moralitas. ”Lulusan Universitas Airlangga harus tahu bagaimana berperilaku secara etis. Dan, saya menjamin, lulusan-lulusan Universitas Airlangga mempunyai perilaku dan akhlak yang baik,” tuturnya.

Selain itu, pada wisuda hari ini juga dihadiri beberapa alumni UNAIR yang telah berhasil sehingga Dr. H. I Gusti Ngurah indra Setiabudi SH., CN., M.Si., selaku pengurus pusat ikatan alumni Universitas Airlangga (IKA-UA) mengatakan bahwa sebagai mahasiswa lulusan UNAIR haruslah menjunjung nama baik keluarga dan almamater serta harus siap menghadapi tantangan revolusi 4.0. Dengan begitu para wisudawan sudah selayaknya mempersiapkan diri dalam menghadapi persaingan.

“Saya ucapkan selamat kepada para wisudawan yang baru saja dikukuhkan. Para wisudawan diharapkan dapat memberikan nilai tambah dan kebaikan. Serta harus menjunjung tinggi nama baik keluarga dan almamater tercinta,” tandasnya.

Menurut Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (Diklat) Provinsi Jawa Timur itu, lulusan UNAIR harus tetap setia, berjiwa pancasila, berilmu tanpa melupakan ahlak. Untuk itu ia memberi pesan bahwa para wisudawan tidak berhenti belajar karena ilmu tidak akan habis dan terus berkembang. “Selamat berkiprah dan berkarya pada seluruh sektor kehidupan. Jadilah kesatria airlangga yang tangguh dan berbakti pada nusa dan bangsa,” imbuhnya.

Anggi Mochammad Imanudhin, S. Si mewakili wisudawan mengungkapkan wisuda ini bukanlah akhir dari segalanya. Melainkan ini adalah awal dari perjuangan kehidupan yang sebenarnya. Keilmuan yang sudah kami dapatkan dibangku kuliah diharapkan dapat diterapkan dengan baik.

“Terima kasih tak terhingga kepada orang tua, wali wisudawan, dan bapak ibu dosen yang telah memberikan ilmunya kepada kami. Semua tak terlepas dari pengorbanan bapak ibu dosen yang slealu mendampingi. Semoga kami bisa menjadi pribadi yang sukses dan berguna bagi bangsa,” tambahnya. [kun]

Apa Reaksi Anda?

Komentar