Pendidikan & Kesehatan

UMM Juara 3 Debat Konstitusi MK Regional Timur

Malang(beritajatim.com) – Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) jadi langganan menjuarai kontes debat regional dan nasional. Kali ini kabar membanggakan kembali datang dari tim debat mahasiswa Fakultas Hukum (FH) yang baru-baru ini menjuarai kompetisi debat konstitusi Mahkamah Konstitusi (MK) XII 2019 yang digelar pada tanggal 11-13 April 2019 lalu.

UMM keluar sebagai juara tiga kompetisi tingkat Regional Timur. Tim debat FH UMM yang terdiri dari Ratu Julhijjah, Nur Rizkiya Mukhlas dan Yusya akan diberi waktu untuk istirahat dan dijadwalkan untuk berlatih kembali Senin depan guna menyambut Debat Konstitusi Tingkat Nasional.

Atas raihannya ini, Tim Debat UMM berhak mewakili regional timur untuk berkompetisi Kompetisi Debat Konstitusi Mahasiswa Antar Perguruan Tinggi Se-Indonesia XII Tahun 2019.

“Alhamdulillah. Kemenangan ini berkat kerja keras semua civitas akademika Fakultas Hukum UMM. Adik-adik mahasiswa rajin berlatih. Kompak. Bismillah, akan kami lanjutkan semangat ini pada babak selanjutnya, yakni tingkat nasional,” kata Sholahuddin Al-Fatih, head coach tim debat FH UMM, Senin (15/4/2019) di ruangannya.

Fatih optimis tim binaannya menang. Kompetisi debat Regional Timur sendiri diikuti oleh 24 tim terbaik dari regional timur. Pada babak penyisihan grup, tim debat FH UMM tergabung dalam grup E bersama UINSA dan IAIN Pare-Pare.

UMM lolos sebagai juara grup dan berhak melaju ke babak perempat final. Selanjutnya di babak perempat final, UMM mengalahkan UMI. Sayang, di babak semifinal UMM harus mengakui keunggulan Ubaya dengan skor tipis 2-3.

“Di babak perebutan tempat ketiga, UMM harus berhadapan dengan tim tuan rumah, Unsrat. Dengan dukungan penuh dari para mahasiswa dan dosen Unsra, tim FH UMM mencoba bermain lepas tanpa beban. Strategi tersebut berhasil. UMM berhasil menekan tim Unsrat dan mendikte pertandingan. Akhirnya tim juri memutuskan UMM menjadi juara 3, sekaligus berhasil mengalahkan tekanan tuan rumah, Unsrat,” tandasnya.

Adapun di tahun sebelumnya, di mana UMM sebagai tuan rumah perhelatan Kompetisi Debat Konstitusi Mahasiswa Antar Perguruan Tinggi Se-Indonesia XI Tahun 2018, tim debat UMM keluar sebagai juara 1 nasional.

Di babak Grand Final, tim debat UMM saat itu dipertemukan dengan Universitas Surabaya (Ubaya). Tak tanggung, pada babak ini dihadirkan tiga belas ahli hukum untuk menilai adu argumen kedua tim. (luc/ted)

Apa Reaksi Anda?

Komentar