Pendidikan & Kesehatan

UK PETRA Kembali Jadi Tuan Rumah ASP

Surabaya (beritajatim.com) – UK Petra menjadin tuan rumah Asia Summer Program (ASP) 2019 yang merupakan program liburan musim panas kusus bagi mahasiswa Asia. Kegiatan ini akan dilakukan sepanjang sepertiga bulan Juli, atau 3 minggu, yakni mulai tanggal 1-19 Juli 2019.

Kegiatan ini merupakan ASP ke 8 dan kali ke dua UK PETRA menjadi tuan rumah. Kali ini ASP mengambil tema Hero in Me sebagai refleksi bahwa menjadi pahlawan masa kini tidak dengan berperang senjata melainkan dapat dengan melakukan hal-hal kecil yang bermanfaat bagi sosial dan alam.

Program kali ini diikuti sebanyak 157 mahasiswa 20 Universitas yang mewakili 12 Negara di Asia. Adapun sebelas negara selain Indonesia yang mengikuti kegiatan ini adalah Bangladesh, Jepang, Lithuania, Malaysia, Philipina, Portugal, Korea, Singapura, dan Thailand.

Menurut Monika Kristanti, Koordinator ASP Petra kegiatan ini tidak hanya sekedar liburan di musim panas. Melainkan juga diisi dengan berbagai materi akademik yang terdiri dari dua mata kuliah dengan empat SKS. Selain itu para peserta juga diajak mengenali budaya dan bahasa Indonesia.

“Ada 22 kelompok belajar yang kami bentuk dari 157 peserta ini, untuk mengajak mereka mendalami budaya Indonesia. Nantinya mereka diberi berbagai misi dan reward,” ujar Monika.

Para peserta pun diajak melakukan serangkaian kegiatan yang nyenangkan seperti tur Kota Surabaya, Camping di Bromo, Workshop, permainan tradisional Indonesia, Movie Night dan sebagainya.

Catherina Barros peserta dari Portugal pun mengatakan bahwa dirinya sangat antusias dengan kegiatan ASP ini. Dia bermain dan makan makanan tradisional Indonesia.

“Saya sangat senang dengan kegiatan ini, bertemu dengan banyak teman dan budaya baru yang sangat berbeda dengan budaya kami. Semua orang dimana mana tersenyum. Saya sangat menikmati nya” ungkap Catherina. [adg/but]

Apa Reaksi Anda?

Komentar