Pendidikan & Kesehatan

Total ODP di Pamekasan Kembali Naik

Pamekasan (beritajatim.com) – Jumlah Orang Dalam Pantauan (ODP) Covid-19 di Kabupaten Pamekasan, kembali naik dari angka sehari sebelumnya yang mencapai sebanyak 40 orang. Saat ini angka tersebut naik menjadi 59 orang.

Hal itu berdasar Peta Sebaran Covid-19 yang dikeluarkan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pamekasan, per hari ini, Rabu (25/3/2020). Angka tersebut bertambah sebanyak 15 orang dari hasil rilis sehari sebelumnya yang tertahan di angka 40 orang.

“Hasil peta sebaran kemarin relatif lebih rendah dibandingkan angka sebelumnya, termasuk untuk hari ini yang kembali naik menjadi sebanyak 59 orang dengan status ODP,” kata Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Pamekasan, dr Ahmad Fauzi.

Peningkatan jumlah tersebut tidak lepas dari adanya masyarakat yang kembali ke Pamekasan, sebagian besar di antara mereka justru berasal dari sejumlah zona merah penyebaran Covid-19. Sehingga mereka dimasukkan dalam katagori ODP hingga beberapa hari ke depan.

Peta Sebaran Covid-19 di Kabupaten Pamekasan, Rabu (25/3/2020).

“Jadi penambahan ini karena mereka berasal dari sejumlah titik merah penyebaran Covid-19, mereka tersebar di seluruh (13) kecamatan berbeda di kabupaten Pamekasan. Sementara terbanyak di wilayah Kecamatan Tlanakan,” ungkapnya.

Dari itu pihaknya berharap agar masyarakat selalu meningkatkan kewaspadaan terhadap penyebaran Covid-19, salah satunya dengan melaksanakan berbagai imbauan dari pemerintah, mulai dari pemerintah pusat, provinsi hingga pemerintah daerah.

“Mari kita bersama-sama menjaga diri serta melakukan berbagai upaya pencegahan terhadap penularan wabah virus corona ini, salah satunya dengan menerapkan pola hidup bersih dan sehat, serta menjaga jarak dengan orang lain. Tidak kalah penting tetap stanby di rumah masing-masing untuk menghindari penyebaran,” harapnya.

Berdasar data terbaru peta sebaran Covid-19 di Kabupaten Pamekasan, Kecamatan Tlanakan menempati posisi tertinggi dengan catatan sebanyak 15 ODP, disusul kabupaten Pamekasan (Kota) dengan total sebanyak 11 ODP, serta Kecamatan Pademawu dengan total sebanyak 8 ODP dan satu orang sebagai Pasien Dalam Pengawasan (PDD) dengan status Negatif Covid-19.

Sementara untuk kecamatan lainnya, hanya terdiri dari dua hingga lima orang yang tercatat dalam status ODP, paling sedikit terdapat di kecamatan Palengaan, yang hanya terdapat satu orang dengan status ODP. [pin/suf]

Apa Reaksi Anda?

Komentar