Pendidikan & Kesehatan

TMMD 2019 di Sidoarjo, Renovasi SDN Kupang Jabon

Sidoarjo (beritajatim.com) – Di antara program TMMD ke-106 di Sidoarjo, yang dikerjakan salah satunya, merenovasi SDN Kupang Kec. Jabon. Tembok depan setiap kelas yang rusak, diperbaiki, peninggian lantai dan memasang paving pada halaman sekolah.

Kontruksi bangunan bagian bawah ditinggikan karena tiap tahun sekolah tersebut menjadi langganan banjir. Tingginya debit air sampai masuk ke ruang-ruang kelas.

Kata Dandim 0816/ Sidoarjo Letkol. Inf. Mohammad Iswan Nusi, dari data yang di terima, tiap tahun SDN Kupang mengalami banjir, airnya sampai masuk ke kelas. Selain itu kondisi tembok depan kelas sudah banyak yang mengalami kerusakan.

“Jadi yang kita kerjakan saat ini meninggikan lantai kelas, tembok juga kita pasang keramik dan halaman sekolah kita urug lagi dan dipasang paving, harapannya agar tidak lagi banjir,” katanya Jum’at (11/10/2019).

Selain melakukan program pembangunan fisik, Kodim 0816/Sidoarjo juga membangun program non fisik bagi siswa SDN Kupang. Program tersebut diberi nama “Lali Gadget”.

Ditengah maraknya penggunaan gadget, terutama dikalangan anak SD yang bisa memberi dampak negatif apabila tidak dilakukan kontrol dan pengawasan. Program Lali Gadget menjadi solusi, dengan tujuan mengalihkan perhatian anak agar tidak lagi bermain gadget.

“Supaya anak-anak tidak lagi fokus di gadget, kita alihkan ke permainan tradisional. Kita akan fasilitasi dengan membuatkan permainan, seperti gobag sodor dan patek lele,” terang Iswan Nusi

Kedua permainan tersebut, menurut Iswan Nusi selain bentuk permainan tradisional juga permainan yang membutuhkan kerjasama.

“Jadi sejak kecil anak-anak sudah diajarkan saling kerjasama. Berbeda dengan bermain gadget yang sibuk sendiri dengan gadget, dampaknya kurang baik,” tukasnya. [isa/but]

Apa Reaksi Anda?

Komentar