Pendidikan & Kesehatan

Kesehatan

Profesionalitas Tenaga Medis Jadi Sorotan PIT Pogi 2019

Surabaya (beritajatim.com) – Tenaga medis diharapkan mampu mempertahankan profesionalitas serta memperbarui ilmu pengetahuan di bidang kedokteran. Harapan itu menjadi pembahasan dalam Pertemuan Ilmiah Tahunan Perkumpulan Obstetri dan Ginekologi Indonesia (PIT POGI) yang ke-24 akan dilaksanakan pada tanggal 4-10 Juli 2019 mendatang di Surabaya.

Dengan tema “Mempertahankan Profesionalisme Layanan Obstetri Ginekologi di Era Jaminan Kesehatan Nasional”. Terdapat beberapa rangkaian acara pada PIT POGI 2019, diantaranya adalah Program Pra-PIT, Acara Olahraga PIT POGI, dan Simposium PIT POGI. PIT POGI 2019 ditargetkan akan dihadiri oleh 3000 tenaga medis dari seluruh Indonesia. Penyelenggara POGI juga akan menghadirkan Menteri Kesehatan Republik Indonesia serta beberapa pemateri dari luar negeri.

Pada pertemuan ilmiah tahun ini, PIT POGI akan memberikan bekal pengetahuan melalui symposium, workshop, kuliah, video session, serta media interaktif lain yang diharapkan mampu meningkatkan kompetensi tenaga medis di bidang obstetri dan ginekologi.
Sebelumnya, POGI telah melakukan pengabdian masyarakat pada tanggal 23 April 2019 melalui Talk Show PIT POGI Goes to School yang bertema “Generasi Milenial Sadar Kesehatan Reproduksi” di Gedung Negara Grahadi Surabaya.

Rangkaian acara PIT POGI 2019 dimulai dengan Program Pra-PIT berupa 17 Workshop yang dilaksanakan pada 4 – 6 Juli 2019 di berbagai tempat di Surabaya: Hotel Shangri-La, RS. Dr. Soetomo, RS. Universitas Airlangga, Ballroom IDI Surabaya, serta beberapa hotel di Surabaya.

PIT POGI 2019 dilanjutkan dengan Acara Olahraga pada tanggal 7 Juli 2019 yang akan dilaksanakan di Sport Center Puncak Permai dan lapangan tenis Kodam Brawijaya (khusus cabang olahraga tenis).

“Tugas POGI adalah bertanggungjawab meningkatkan, mengembangkan profesional dokter Obstetri dan Ginekologi di Indonesia. Selama ini sudah profesional, (tapi) dengan adanya perkumpulan ini akan lebih ditingkatkan lagi,” ujar Ketua POGI Surabaya, Dr. dr. Brahmana Askandar, SpOG (K) dalam acara konferensi pers PIT POGI di Kantor Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Surabaya.

Simposium akan dilaksanakan di Hotel Shangri-La pada tanggal 8 – 10 Juli 2019. Terdapat berbagai acara menarik pada PIT POGI 2019. Pada tanggal 8 Juli 2019, acara dibuka dengan Opening Ceremony. Di hari yang sama, terdapat acara pengukuhan Sp.OG dan konsultan baru, AOFOG session, serta sambutan langsung dari Menteri Kesehatan Republik Indonesia.

“Semua akan dibahas di sini mengenai isu kesehatan, teknologi, jaminan KB di era jaminan kesehatan,” imbuhnya.

Acara interaktif lain seperti kuliah ilmiah, Live Surgery, serta presentasi Scientific Paper dan E-poster akan berlangsung pada tanggal 9 – 10 Juli 2019. Pengumuman pemenang Scientific Paper dan E-poster, serta Closing Ceremony akan dilaksanakan di akhir acara PIT POGI pada tanggal 10 Juli 2019.

Diharapkan acara pertemuan tahunan ini dapat menjadi ajang untuk menambah ilmu pengetahuan di bidang obstetri dan ginekologi dan sebagai ajang silaturahmi antar sejawat tenaga medis. Diharapkan perubahan besar dalam era jaminan kesehatan nasional tidak menurunkan profesionalisme dan semangat mencari ilmu di bidang obstetri dan ginekologi. [way/but]

Apa Reaksi Anda?

Komentar